Peran guru dalam pembentukan Profil Pelajar Pancasila di SMA Negeri 3 Palangka Raya
DOI:
https://doi.org/10.37304/jem.v5i1.13701Keywords:
Peran guru, toleransi, profil Pelajar PancasilaAbstract
Penelitian ini bertujuan menggali peran guru dalam membentuk Profil Pelajar Pancasila dengan menekankan nilai toleransi di SMAN 3 Palangka Raya. Fokusnya adalah pada kebutuhan peran guru dalam pembentukan profil pelajar Pancasila, kurangnya pemahaman tentang nilai-nilai Pancasila dalam enam dimensi profil pelajar Pancasila, dan kurangnya implementasi sikap toleransi di lingkungan sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan kejadian sebenarnya dalam bentuk kalimat uraian. Teknik pengumpulan data melibatkan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam membina toleransi peserta didik di SMAN 3 Palangka Raya, terutama terkait pembentukan profil pelajar Pancasila, telah terlaksana dengan baik. Proses tersebut melibatkan integrasi nilai-nilai Pancasila, terutama sikap toleran, dalam mata pelajaran, kegiatan terprogram, dan pembiasaan. Saran-saran yang diajukan melibatkan perluasan sarana dan prasarana, kreativitas guru dalam pengembangan kegiatan pembinaan sikap toleransi, serta menjaga konsistensi dan kerjasama dari semua pihak terkait. Dengan demikian, tujuan peran guru dalam membentuk profil pelajar Pancasila di SMAN 3 Palangka Raya, khususnya dalam membina sikap toleransi, dapat tercapai secara baik, tepat, dan maksimal.