Efektivitas metode e-learning mata pelajaran Ekonomi di masa Covid-19 pada siswa SMA Muhammadiyah 2 Palangka Raya

Authors

  • Nunik Robiati Universitas Palangka Raya
  • Eddy Lion Universitas Palangka Raya
  • Sri Rohaetin Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.37304/jem.v3i3.7670

Keywords:

Kegiatan, metode e-learning, hasil belajar

Abstract

Penelitian kualitatif ini bertujuan (1) mendeskripsikan dan menganalisis hasil belajar siswa setelah menggunakan E-Learning, (2) mendeskripsikan dan menganalisis kekuatan dan kelemahan penerapan E-learning dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian dilakukan  SMA Muhammadiyah 2 Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan penerapan metode E-learning untuk pembelajaran ekonomi tidak efektif karena siswa tidak mampu menggunakan aplikasi E-learning. Selain itu, mereka tidak tertarik untuk belajar secara online melalui metode E-Learning. Terkait kekuatan implementasi E-learning, kegiatan pembelajaran dilengkapi dengan Handphone, laptop, WIFI dan kuota gratis. Selain itu, proses pembelajaran akan lebih fleksibel, sehingga siswa memiliki banyak waktu untuk menyelesaikan tugas dan mencari beberapa referensi di Google. E-learning juga memiliki beberapa kelemahan. Pada faktor internal, siswa sulit menangkap inti materi, mereka juga akan lebih pasif di kelas, dan siswa tidak termotivasi untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Sedangkan koneksi yang error, proses pembelajaran yang singkat, serta ketersediaan kuota dan handphone merupakan faktor eksternal dari kelemahan E-learning.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-10-23

How to Cite

Robiati, N., Lion, E., & Rohaetin, S. (2022). Efektivitas metode e-learning mata pelajaran Ekonomi di masa Covid-19 pada siswa SMA Muhammadiyah 2 Palangka Raya. Journal of Environment and Management, 3(3), 228–234. https://doi.org/10.37304/jem.v3i3.7670