Pengembangan LKS Blended Learning Berbasis Web Pada Materi Pencemaran Lingkungan Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains

Authors

  • Abriyanto Universitas Palangka Raya
  • Liswara Neneng Universitas Palangka Raya
  • Yohanes Edy Gunawan Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.37304/jem.v3i1.4283

Keywords:

Blended learning, keterampilan proses sains, pencemaran lingkungan

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya guru yang masih melakukan proses pembelajaran secara tekstual dengan menggunakan LKS yang masih memiliki keterbatasan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses sains siswa menggunakan perangkat pembelajaran LKS Blended learning berbasis web materi pencemaran lingkungan. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D). Prosedur penelitian mengadaptasi model pengembangan ADDIE. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 di SMPN 3 Menthobi Raya Kabupaten Lamandau pada siswa kelas VII. Peningkatan keterampilan proses sains siswa siswa diukur dengan tes objektif dan dianalisis dengan N-gain. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa N-gain keterampilan proses sains siswa mencapai rata-rata 0,72 uji skala kecil dan 0,84 uji skala besar. LKS blended learning berbasis web pada materi pencemaran lingkungan dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-03-16

How to Cite

Abriyanto, Liswara Neneng, & Yohanes Edy Gunawan. (2022). Pengembangan LKS Blended Learning Berbasis Web Pada Materi Pencemaran Lingkungan Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. Journal of Environment and Management, 3(1), 26–34. https://doi.org/10.37304/jem.v3i1.4283