Pengembangan LKS Blended Learning Berbasis Web Pada Materi Pencemaran Lingkungan Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains
DOI:
https://doi.org/10.37304/jem.v3i1.4283Keywords:
Blended learning, keterampilan proses sains, pencemaran lingkunganAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya guru yang masih melakukan proses pembelajaran secara tekstual dengan menggunakan LKS yang masih memiliki keterbatasan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses sains siswa menggunakan perangkat pembelajaran LKS Blended learning berbasis web materi pencemaran lingkungan. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D). Prosedur penelitian mengadaptasi model pengembangan ADDIE. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 di SMPN 3 Menthobi Raya Kabupaten Lamandau pada siswa kelas VII. Peningkatan keterampilan proses sains siswa siswa diukur dengan tes objektif dan dianalisis dengan N-gain. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa N-gain keterampilan proses sains siswa mencapai rata-rata 0,72 uji skala kecil dan 0,84 uji skala besar. LKS blended learning berbasis web pada materi pencemaran lingkungan dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa.