Hubungan pengetahuan ekologi dan sikap pro-lingkungan dengan kepedulian dalam pengelolaan lingkungan siswa
DOI:
https://doi.org/10.37304/jem.v2i3.4387Keywords:
Pengetahuan ekologi, sikap pro-lingkungan, kepedulianAbstract
Permasalahan lingkungan yang terjadi di Kabupaten Murung Raya dikarenakan minimnya kepedulian, sehingga berdampak buruk terhadap kesehatan masyarakat dan kelestarian lingkungan. Kepedulian tidak akan tumbuh tanpa adanya pengetahuan ekologi yang cukup, sehingga dapat membentuk sikap pro-lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara pengetahuan ekologi dan sikap pro-lingkungan dengan kepedulian dalam pengelolaan lingkungan siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Desain penelitian menggunakan metode cross-sectional survey. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII yang tersebar di 5 (lima) SMP wilayah Kabupaten Murung Raya, dengan jumlah responden sebanyak 213 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara pengetahuan ekologi (X1) dan sikap pro-lingkungan (X2) dengan kepedulian dalam pengelolaan lingkungan siswa SMP (Y), sehingga kontribusi X1 dan X2 secara simultan terhadap Y sebesar 47,61%. Salah satu variabel yang memberikan sumbangan paling besar terhadap kepedulian dalam pengelolaan lingkungan (Y) adalah variabel sikap pro-lingkungan (X2).