Kuliah kerja nyata merupakan bentuk penerapan ilmu pengetahuan serta pengabdian mahasiswa dengan terjun langsung dan ikut serta dalam proses pembangunan di lingkungan masyarakat. Sebagai wujud pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi, kuliah kerja nyata ini didasarkan pada aspek keilmuan dan implementasinya yang dilakukan dalam proses mengenali, menganalisis potensi, serta memecahkan persoalan dilingkungan masyarakat. Tujuan pelaksanaan kuliah kerja nyata ialah untuk menumbuhkan kesadaran serta kemampuan masyarakat akan potensi individu serta sumber daya yang dimiliki agar dapat berpartisipasi aktif dalam pembangunan secara mandiri. Metode pelaksanaan program kuliah kerja nyata dilakukan dengan terjun langsung dalam lingkungan masyarakat dengan keterlibatan masyarakat desa dan mahasiswa sesuai tugas pokok, fungsi dan kompetensi yang dimiliki. Melalui pelaksanaan kuliah kerja nyata ini diperoleh hasil yakni terbentuknya masyarakat yang berkembang pada aspek pola pikir dan perilaku serta kesadaran masyarakat untuk aktif mengembangkan potensi dan mengelola sumber daya sumber daya alam secara terarah dan bernilai positif. Dari hasil yang didapatkan, masyarakat dari yang pasif menjadi lebih peka terhadap kelestarian lingkungan serta mampu mengembangkan potensi pengelolaan sumber daya air bersih demi meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat. Hasil dari kegiatan ini akan mengembangkan wawasan masyarakat untuk berinovasi agar nantinya masyarakat bisa mandiri sehingga kegiatan desa akan berjalan dengan efektif