SUNO AI AS AN IMPACTFUL LEARNING INNOVATION IN THE CREATIVE WRITING CLASS OF THE PBSI STUDY PROGRAM UNIVERSITY OF PALANGKA RAYA

Misnawati Misnawati, Albertus Purwaka, Patrisia Cuesdeyeni, Hana Pertiwi, Albert Julian Chandra

Penulis

Kata Kunci:

SUNO AI, inovasi, Menulis Kreatif, dan karya sastra.

Abstrak

Abstrak Penelitian ini berdasarkan kebutuhan akan inovasi dalam pembelajaran sastra, khususnya menulis kreatif di era digital. Mahasiswa Prodi PBSI Universitas Palangka Raya menghadapi tantangan seperti rendahnya motivasi menulis, terbatasnya media stimulus, dan minimnya ekspresi ide secara bebas. Dalam konteks ini, SUNO AI—sebuah platform berbasis kecerdasan buatan yang mampu mengubah teks menjadi audio atau musik—diperkenalkan sebagai media pembelajaran yang kreatif, imajinatif, dan multimodal. SUNO AI diyakini dapat menghidupkan karya sastra mahasiswa, meningkatkan kepercayaan diri, dan mengembangkan literasi digital mereka. Penelitian ini penting untuk menilai dampak pedagogis dan transformatif teknologi AI dalam pembelajaran sastra di perguruan tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi SUNO AI dalam pembelajaran menulis kreatif sastra di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, serta mengkaji dampak penggunaannya terhadap peningkatan motivasi, dan kualitas karya sastra mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dan studi kasus eksploratif untuk menggali secara mendalam proses, respons, dan dampak penggunaan SUNO AI dalam pembelajaran menulis kreatif sastra di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas Palangka Raya. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester II yang memprogramkan mata kuliah Menulis Kreatif Sastra, berjumlah 23 orang. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dokumentasi karya, dan angket respons mahasiswa. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi, panduan wawancara, kuesioner skala Likert, serta dokumentasi karya teks, audio, dan video. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang mencakup tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi untuk mengevaluasi serta menyempurnakan implementasi SUNO AI dalam kelas Menulis Kreatif Sastra. Hasil penelitian menunjukan kalau Implementasi SUNO AI dalam pembelajaran Menulis Kreatif Sastra di Prodi PBSI Universitas Palangka Raya melibatkan 23 mahasiswa semester II melalui dua siklus PTK yang menghasilkan dampak positif terhadap antusiasme, kreativitas, motivasi, dan kualitas karya sastra. Pada siklus pertama, mahasiswa diperkenalkan dengan fitur mengubah teks menjadi audio atau musik sehingga karya yang semula hanya berupa teks menjadi lebih hidup. Siklus kedua menekankan revisi berdasarkan umpan balik dosen dan teman sejawat, yang menciptakan pembelajaran interaktif, reflektif, dan multimodal. Kata-kata Kunci: SUNO AI, inovasi, Menulis Kreatif, dan karya sastra.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.
Lihat: 14 | ##article.downloads##: 5

Diterbitkan

2025-12-19