Peranan Lagu Syiir Abu Nawas Pada Jam Kepulangan Sekolah Di Sma Islam Al Azhar 14 Semarang
DOI:
https://doi.org/10.1234/jt.v5i2.17376Kata Kunci:
jam kepulangan sekolah, lagu Syiir abu nawas, perananAbstrak
Jam kepulangan dapat digunakan tidak hanya sebagai waktu transisi, tetapi juga sebagai kesempatan untuk memperkuat pembentukan karakter peserta didik. Pengelolaan suasana pada saat jam kepulangan sekolah dapat melalui pemutaran lagu dengan nuansa yang tenang. SMA Islam Al Azhar 14 Semarang memutarkan Lagu Syiir Abu Nawas pada saat jam kepulangan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peranan Lagu Syiir Abu Nawas pada jam kepulangan sekolah di SMA Islam Al Azhar 14 Semarang. Adapun pertanyaan penelitian ini yaitu bagaimanakah peranan Lagu Syiir Abu Nawas pada jam kepulangan sekolah di SMA Islam Al Azhar 14 Semarang? Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dengan pertanyaan terbuka, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan melalui tiga jalur kegiatan: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lagu Syiir Abu Nawas yang diputar pada jam kepulangan sekolah di SMA Islam Al Azhar 14 Semarang memiki peranan dari segi psikologis, moral, dan sosial. Dari segi psikologis, Lagu Syiir Abu Nawas memberikan ketenangan dan kedamaian. Dari segi moral Lagu Syiir Abu Nawas memberikan pengajaran tentang kerendahan hati dan keimanan. Dari segi sosial, Lagu Syiir Abu Nawas dapat membantu peserta didik dalam pengendalian diri dan interaksi yang lebih positif.
Unduhan
Referensi
Izzah Karomah, M., & Edi Poernomo, B. (2024). Moralitas Dalam Teks Lagu Pada Album Katakanlah Cinta Naura Ayu: Analisis Wacana Kritis Morality In Song Lyrics In Albums Katakanlah Cinta By Naura Ayu: Critical Discourse Analysis. Semiotika, 25, 74–86. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/SEMIOTIKA/article/view/41665/14301
Maqbul. (2018). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri Bontoa Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar [Universitas Muhammadiyah Makassar]. https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/3885-Full_Text.pdf
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (Third edition). Sage.
Muzawwir. (2016). Analisis Lirik Lagu “Sebuah Pengakuan” Karya Abu Nawas: Kajian Semiotika Charles Sanders Peirce [FKIP Universitas Mataram]. https://eprints.unram.ac.id/3127/1/Jurnal_Skripsi_Muzawwir_E1C011029.pdf
Oakes, S. (2003). Musical tempo and waiting perceptions. Psychology & Marketing, 20(8), 685–705. https://doi.org/10.1002/mar.10092
Orpella, J., Bowling, D., Tomaino, C., & Ripolles, P. (2023). Effects of Affectively Parameterized Music on Mood and Attention. https://doi.org/10.31234/osf.io/yauxt
Preniqi, V., Kalimeri, K., & Saitis, C. (2023). Soundscapes of morality: Linking music preferences and moral values through lyrics and audio. PLoS ONE, 18(11 November). https://doi.org/10.1371/journal.pone.0294402
Rao, S. (2024). The Influence of School Environment on Physical Activity Levels of Students. Innovations in Sports Science, 1(2), 23–28. https://doi.org/10.36676/iss.v1.i2.11
Rohmiyati, Y., Pratama, D., & Camila, J. (2023). Exploring Implicit Moral Message in the Song "Que Sera-Sera " By Dorys. In EDUJ : English Education Journal (Vol. 1, Issue 2).
Shilton, D., Passmore, S., & Savage, P. E. (2022). Group singing is globally dominant and associated with social context. https://doi.org/https://doi.org/10.31234/osf.io/drs7z
Valiente, C., Wang, W., Li, L., & Fraser, A. M. (2022). Students’ Emotions and Their Academic Achievement. In Students’ Emotions and Their Academic Achievement. Routledge. https://doi.org/10.4324/9781138609877-REE196-1
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Tambuleng
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.