Peranan Lagu Syiir Abu Nawas Pada Jam Kepulangan Sekolah Di Sma Islam Al Azhar 14 Semarang

Penulis

  • Bagus Indrawan Universitas Islam Sultan Agung Semarang

DOI:

https://doi.org/10.1234/jt.v5i2.17376

Kata Kunci:

jam kepulangan sekolah, lagu Syiir abu nawas, peranan

Abstrak

Jam kepulangan dapat digunakan tidak hanya sebagai waktu transisi, tetapi juga sebagai kesempatan untuk memperkuat pembentukan karakter peserta didik. Pengelolaan suasana pada saat jam kepulangan sekolah dapat melalui pemutaran lagu dengan nuansa yang tenang. SMA Islam Al Azhar 14 Semarang memutarkan Lagu Syiir Abu Nawas pada saat jam kepulangan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peranan Lagu Syiir Abu Nawas pada jam kepulangan sekolah di SMA Islam Al Azhar 14 Semarang. Adapun pertanyaan penelitian ini yaitu bagaimanakah peranan Lagu Syiir Abu Nawas pada jam kepulangan sekolah di SMA Islam Al Azhar 14 Semarang? Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dengan pertanyaan terbuka, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan melalui tiga jalur kegiatan: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lagu Syiir Abu Nawas yang diputar pada jam kepulangan sekolah di SMA Islam Al Azhar 14 Semarang memiki peranan dari segi psikologis, moral, dan sosial. Dari segi psikologis, Lagu Syiir Abu Nawas memberikan ketenangan dan kedamaian. Dari segi moral Lagu Syiir Abu Nawas memberikan pengajaran tentang kerendahan hati dan keimanan. Dari segi sosial, Lagu Syiir Abu Nawas dapat membantu peserta didik dalam pengendalian diri dan interaksi yang lebih positif.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Izzah Karomah, M., & Edi Poernomo, B. (2024). Moralitas Dalam Teks Lagu Pada Album Katakanlah Cinta Naura Ayu: Analisis Wacana Kritis Morality In Song Lyrics In Albums Katakanlah Cinta By Naura Ayu: Critical Discourse Analysis. Semiotika, 25, 74–86. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/SEMIOTIKA/article/view/41665/14301

Maqbul. (2018). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri Bontoa Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar [Universitas Muhammadiyah Makassar]. https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/3885-Full_Text.pdf

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (Third edition). Sage.

Muzawwir. (2016). Analisis Lirik Lagu “Sebuah Pengakuan” Karya Abu Nawas: Kajian Semiotika Charles Sanders Peirce [FKIP Universitas Mataram]. https://eprints.unram.ac.id/3127/1/Jurnal_Skripsi_Muzawwir_E1C011029.pdf

Oakes, S. (2003). Musical tempo and waiting perceptions. Psychology & Marketing, 20(8), 685–705. https://doi.org/10.1002/mar.10092

Orpella, J., Bowling, D., Tomaino, C., & Ripolles, P. (2023). Effects of Affectively Parameterized Music on Mood and Attention. https://doi.org/10.31234/osf.io/yauxt

Preniqi, V., Kalimeri, K., & Saitis, C. (2023). Soundscapes of morality: Linking music preferences and moral values through lyrics and audio. PLoS ONE, 18(11 November). https://doi.org/10.1371/journal.pone.0294402

Rao, S. (2024). The Influence of School Environment on Physical Activity Levels of Students. Innovations in Sports Science, 1(2), 23–28. https://doi.org/10.36676/iss.v1.i2.11

Rohmiyati, Y., Pratama, D., & Camila, J. (2023). Exploring Implicit Moral Message in the Song "Que Sera-Sera " By Dorys. In EDUJ : English Education Journal (Vol. 1, Issue 2).

Shilton, D., Passmore, S., & Savage, P. E. (2022). Group singing is globally dominant and associated with social context. https://doi.org/https://doi.org/10.31234/osf.io/drs7z

Valiente, C., Wang, W., Li, L., & Fraser, A. M. (2022). Students’ Emotions and Their Academic Achievement. In Students’ Emotions and Their Academic Achievement. Routledge. https://doi.org/10.4324/9781138609877-REE196-1

Unduhan

Diterbitkan

05-12-2024

Cara Mengutip

Indrawan, B. (2024). Peranan Lagu Syiir Abu Nawas Pada Jam Kepulangan Sekolah Di Sma Islam Al Azhar 14 Semarang. Tambuleng, 5(2), 1–6. https://doi.org/10.1234/jt.v5i2.17376

Terbitan

Bagian

Tambuleng (Jurnal Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik)