Studi Tentang Implementasi Metode Applied Behavior Analysis (ABA) Untuk Pembelajaran Anak Autis Di PAUD Setia Muara Teweh

Penulis

  • Salma Farida Institut Pesantren KH.Abdul Chalim

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang meratanya pendidikan untuk anak autis yang disebabkan karena kurangnya sumber daya manusia yang memahami dan mampu memberikan intevensi kepada anak autis serta minimnya pemahaman orang tua dalam memberikan intervensi dini untuk anaknya yang autis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi metode Applied Behavior Analysis (ABA) untuk pembelajaran anak autis di PAUD Setia Muara Teweh, faktor yang mendukung dan menghambat dalam implementasi metode ABA di PAUD Setia Muara Teweh, Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa langkah dalam mengimplementasikan metode ABA untuk anak autis di PAUD Setia Muara Teweh yaitu membuat buku program anak, berdo’a, mengucapkan salam, melakukan komunikasi sederhana, menjalin kontak mata dan pembelajaran inti. Faktor yang mendukung yaitu keinginan anak, tingkat autism, intensitas terapi/belajar, sikap guru dalam memberikan pembelajaran, penerapan diet, kerja sama orang tua dan guru serta sarana dan prasarana. Sedangkan, faktor yang menghambat yaitu sikap anak yang hyperaktif/tantrum dan orang tua yang menginginkan anaknya berkembang dengan cepat, mengikuti pembelajaran yang belum sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anak.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

30-06-2023

Cara Mengutip

Farida, S. (2023). Studi Tentang Implementasi Metode Applied Behavior Analysis (ABA) Untuk Pembelajaran Anak Autis Di PAUD Setia Muara Teweh. Tambuleng, 4(1), 74–85. Diambil dari https://e-journal.upr.ac.id/index.php/tambuleng/article/view/8446

Terbitan

Bagian

Tambuleng (Jurnal Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik)