ANALISIS DETERMINAN STATUS GIZI DAN ANEMIA PADA REMAJA PUTRI DI DESA TUMBANG RUNGAN, KOTA PALANGKA RAYA

Penulis

  • Ni Nyoman Sri Yuliani Departemen Gizi, Fakultas Kedokteran Universitas Palangka Raya, Indonesia
  • Elsa Trinovita Departemen Farmakologi, Fakultas Kedokteran Universitas Palangka Raya, Indonesia
  • Mikko Uriamapas Ludjen KSM Ilmu Kesehatan Anak, RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya, Indonesia

Kata Kunci:

gizi, anemia, remaja putri

Abstrak

Latar Belakang Masalah : kecenderungan peningkatan remaja dengan status gizi sangat kurus dank urus di Kalimantan Tengan berdasarkan data Riskesdas dapat menimbulkan permasalahan kesehatan, terutama pada remaja putri. Remaja putri menjadi kelompok paling berisiko mengalami kekurangan gizi dan anemia yang dapat mempengaruhi kesehatan reproduksi dan menentukan masa depan generasi selanjutnya. Masyarakat di Desa Tumbang Rungan kebanyakan memiliki social ekonomi menengah kebawah, Pendidikan yang rendah dan fasilitas serta informasi kesehatan yang terbatas rentan akan risiko kesehata. Program Tablet Tambah Darah diwilayah ini baru diaktifkan kembali, sehingga perlu dilakukan analisis kondisi status gizi, anemia dan faktor determinannya seperti status kesehatan dan gaya hidup remaja putri di wilayah ini.

Metode Penelitian : penelitian deskriptif analitik secara potong melintang. Sampel diambil dengan purposive sampling pada remaja putri di SMP Satu Atap Tumbang Rungan. Data penelitian meliputi data status gizi (berat badan, tinggi badan, IMT/U), status kesehatan (pemeriksaan hemoglobin, siklus menstruasi) dan gaya hidup ( sarapan pagi, asupan protein, aktivitas fisik, prestasi belajar).

Hasil: subyek penelitian sebanyak 24 orang mengalami  status gizi kurus 8,3%, anemia sebanyak 12,5%. Terdapat hubungan antara status gizi dengan menstruasi (p=0,005). Factor determinan yang berisiko adalah sarapan pagi dan asupan pprotein yang kurang.

Kesimpulan : kejadian gizi kurang dan anemia pada remaja putri di SMp Satu Atap Tumbang Rungan disebabkan factor kebiasaan sarapan pagi dan asupan protein yang tidak memadai.

 

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2020-06-09

Cara Mengutip

Ni Nyoman Sri Yuliani, Elsa Trinovita, & Mikko Uriamapas Ludjen. (2020). ANALISIS DETERMINAN STATUS GIZI DAN ANEMIA PADA REMAJA PUTRI DI DESA TUMBANG RUNGAN, KOTA PALANGKA RAYA . JURNAL KEDOKTERAN, 7(2), 853-857. Diambil dari https://e-journal.upr.ac.id/index.php/JK/article/view/589