ANALISIS CAPAIAN INDIKATOR PROGRAM GIZI, KESEHATAN IBU DAN ANAK TERHADAP INDEKS KELUARGA SEHAT DI DESA TUMBANG RUNGAN, PALANGKARAYA

Penulis

  • Ni Nyoman Sri Yuliani Departemen Gizi, Fakultas Kedokteran Universitas Palangka Raya, Indonesia
  • Dewi Klarita Furtuna Departemen Mikrobiologi, Fakultas Kedokteran Palangka Raya, Indonesia

Kata Kunci:

kesehatan ibu dan anak, indeks keluarga sehat, gizi

Abstrak

Latar Belakang Masalah : problematika gizi dan kesehatan ibu dan anak saling berhubungan dan tak dapat dipisahkan. Setiap tiga menit dimanapun di Indonesia, satu anak balita meninggal dunia. Sejalan dengan hal tersebut, setiap jam satu perempuan meninggal dunia ketika melahirkan atau karena sebab-sebab yang berhubungan dengan kehamilan. Program gizi dan kesehatan ibu-bayi telah dilakukan oleh pemerintah, namun dalam beberapa tahun terakhir masih berjalan lambat. Sasaran program ini difokuskan melalui pendekatan kepada keluarga yang bertujuan untuk mengubah perilaku keluarga dan masyarakat dalam pengenalan diri terhadap risiko kesehatan dan penyakit. Melalui pendekatan kepada keluarga, diharapkan dapat memperbaiki kompleksitas permasalahan di desa Tumbang Rungan yang meliputi minimnya layanan kesehatan dan sumber daya manusia yang turut berpartisipasi dalam kesehatan menyebabkan masyarakatnya cenderung mengabaikan pentingnya kesehatan. Penelitian ini akan menganalisis capaian indikator program gizi, kesehatan ibu dan anak yang bertujuan untuk identifikasi dan deteksi problem kesehatan melalui indikator keluarga sehat yang dicanangkan pemerintah. Diharapkan pula dapat mendeteksi kesenjangan program yang belum tercapai sehingga dapat menjadi evaluasi bagi aparatur, tenaga kesehatan  dan bagi masyarakat setempat untuk meningkatkan kesehatan keluarga.

Metode Penelitian : Penelitian ini menganalisis capaian indikator program kesehatan gizi, ibu, anak terhadap indeks keluarga sehat di desa Tumbang Rungan menggunakan metode community diagnosis (needs assessment).

Hasil: identifikasi masalah berdasarkan hasil kesenjangan antara target dan pencapaian yaitu keluarga mengikuti program KB, ibu hamil memeriksakan kehamilan, bayi mendapat imunisasi dan pemberian ASI eksklusif. berdasarkan analisis USG prioritas masalah terdapat pada rendahnya kunjungan ANC ibu hamil ke faskes di desa Tumbang Rungan.

Kesimpulan : Mengidentifikasi indikator program gizi, kesehatan ibu dan anak yang paling berpengaruh terhadap indeks keluarga sehat di desa Tumbang Rungan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

— Diperbaharui pada 2020-06-09

Versi

  • 2020-06-09 (2)
  • (1)

Cara Mengutip

Ni Nyoman Sri Yuliani, & Dewi Klarita Furtuna. (2020). ANALISIS CAPAIAN INDIKATOR PROGRAM GIZI, KESEHATAN IBU DAN ANAK TERHADAP INDEKS KELUARGA SEHAT DI DESA TUMBANG RUNGAN, PALANGKARAYA. JURNAL KEDOKTERAN, 7(1), 769-773. Diambil dari https://e-journal.upr.ac.id/index.php/JK/article/view/591