Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPA Berbasis Data Pada Materi Suhu dan Kalor Untuk Menunjang Pembelajaran IPA

Development of Data-Based Science Student Worksheets (LKPD) on Temperature and Heat to Support Science Learning

Authors

  • Albi Pratama Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.37304/jpmipa.v3i1.14756

Abstract

Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis data pada materi suhu dan kalor diperlukan untuk menghasilkan bahan ajar yang dapat mempermudah guru dalam mengajar dan mendukung peserta didik dalam proses pembelajaran selama masa pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan hasil penilaian ahli lembar kerja peserta didik berbasis data pada materi suhu dan kalor, (2) mendeskripsikan penilaian guru terhadap lembar kerja peserta didik berbasis data pada materi suhu dan kalor. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Sasaran produk dalam penelitian adalah guru IPA kelas VII sebagai subjek. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen lembar penilaian ahli dan instrumen angket penilaian guru terhadap pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis data pada materi suhu dan kalor. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) Hasil penilaian ahli lembar kerja peserta didik berbasis data pada materi suhu dan kalor hasilnya sangat layak, dengan persentase hasil penilaian rata-rata semua aspek adalah sebesar 81,93% (2) Hasil penilaian guru terhadap lembar kerja peserta didik berbasis data pada materi suhu dan kalor mendapat penilaian yang baik dengan persentase hasil penilaian guru rata-rata semua aspek adalah sebesar 77,91%.

Kata kunci: Lembar kerja peserta didik, Data, Suhu dan kalor.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-05-01

How to Cite

Pratama, A. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPA Berbasis Data Pada Materi Suhu dan Kalor Untuk Menunjang Pembelajaran IPA: Development of Data-Based Science Student Worksheets (LKPD) on Temperature and Heat to Support Science Learning . GAMAPROIONUKLEUS, 3(1), 13–25. https://doi.org/10.37304/jpmipa.v3i1.14756