Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII MTs Muslimat NU Palangka Raya Pada Materi Segitiga dan Segiempat Menurut Kerangka Kerja Polya

Authors

  • Selly Oktavia Universitas Palangka Raya
  • Suparman Univeristas Palangka Raya
  • Emy Artuti Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.37304/jpmipa.v3i1.15339

Keywords:

Kemampuan Pemecahan Masalah, Segitiga dan Segiempat, kerangka kerja Polya

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perbedaan tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika yang dimiliki siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika yang dimiliki siswa kelas VII MTs Muslimat NU Palangka Raya pada materi segitiga dan segiempat berdasarkan langkah Polya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan pada kelas VII-D MTs Muslimat NU Palangka Raya semester genap tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara yang telah divalidasi oleh tiga orang ratters yaitu dua orang dosen Program Studi Pendidikan Matematika dan satu orang guru matematika yang mengajar di kelas VII-D MTs Muslimat NU Palangka Raya dengan hasil semua butir masalah dapat digunakan, tes dilakukan sebanyak 2 kali dengan 3 butir masalah. Hasil dari penelitian analisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa menurut kerangka kerja Polya dalam memecahkan masalah materi segitiga dan segiempat adalah (1) Siswa berkemampuan tinggi termasuk dalam kategori baik dalam tahap memahami masalah, mengembangkan rencana, melaksanakan rencana dan memeriksa kembali. (2) Siswa berkemampuan sedang termasuk dalam kategori cukup baik dalam memahami soal seperti menuliskan diketahui dan ditanya, akan tetapi lupa menuliskan rumus yang digunakan karena terbiasa dan terkadang dalam melaksanakan rencana ada yang kurang tepat, siswa berkemampuan sedang juga dapat menuliskan kesimpulan dari jawaban. (3) Siswa berkemampuan rendah pada tahap memahami masalah, mengembangkan rencana, dan memeriksa kembali termasuk kategori kurang, tetapi pada tahap melaksanakan rencana termasuk cukup.

Downloads

Published

2022-05-01

How to Cite

Oktavia, S., Suparman, & Artuti, E. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII MTs Muslimat NU Palangka Raya Pada Materi Segitiga dan Segiempat Menurut Kerangka Kerja Polya. GAMAPROIONUKLEUS, 3(1), 26–35. https://doi.org/10.37304/jpmipa.v3i1.15339

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.