Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Melalui Daring Pada Materi Pencemaran Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Kristen Palangka Raya
DOI:
https://doi.org/10.37304/jpmipa.v2i1.4418Keywords:
Think-Pair-Share, Hasil belajar, Pencemaran LingkunganAbstract
Hasil observasi pra penelitian menunjukkan bahwa siswa lebih banyak menunggu materi dari guru daripada menemukan sendiri pengetahuan terhadap materi yang di pelajari. Hal ini terjadi karena kondisi pandemi Covid-19 sehingga siswa sulit melakukan diskusi secara offline/tatap muka. Oleh karena itu, penerapan model kooperatif tipe TPS bagi siswa melalui proses pembelajaran dengan metode Daring/Online dengan teknik menggunakan aplikasi Zoom dan Whatsapp. Penelitian ini bertujuan 1) Mendeskripsikan pengelolaan data pembelajaran Daring yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada materi pencemaran lingkungan, 2) Mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS melalui Daring pada materi pencemaran lingkungan untuk meningkatkan hasil belajar ranah kognitif siswa kelas VII SMP Kristen Palangka Raya, 3) Respons siswa terhadap pembelajaran kooperatif tipe TPS melalui Daring pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas terdiri atas 2 siklus yang mencakup 4 langkah dalam setiap siklusnya yaitu penyusunan rencana, pelaksanaan kegiatan, observasi tindakan, dan refleksi atas tindakan yang dilaksanakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS melalui daring dapat meningkatkan hasil belajar siswa, perbedaan hasil belajar pada siklus 1 dan siklus 2 menunjukkan hasil signifikan. Pengelolaan kegiatan pembelajaran secara keseluruhan aspek yang diamati terlaksana dengan baik. Hasil respon siswa menunjukkan respon siswa yang positif dan setuju apabila materi IPA lainnya juga menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS.