KAJIAN PEMAHAMAN KONSEP, SIKAP DAN PARTISIPASI SISWA TERHADAP PENGELOLAAN LINGKUNGAN PADA SEKOLAH SAHABAT ALAM PALANGKA RAYA

Ella Yuliana1 , I Nyoman Sudyana2 , Tri Prajawahyudo2 , Betrixia Barbara2 , Vera Amelia2 , Johanna Maria Rotinsulu2

Penulis

  • admin JPSAL

Abstrak

Peningkatan kebutuhan manusia mendorong eksploitasi sumber daya alam
yang berdampak pada kerusakan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui hubungan antara pemahaman konsep, sikap, dan partisipasi siswa
dalam pengelolaan lingkungan di Sekolah Sahabat Alam. Metode yang
digunakan adalah deskriptif dan korelatif dengan teknik pengumpulan data
melalui observasi, wawancara, tes, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa pemahaman konsep siswa terhadap pengelolaan lingkungan berada
pada kategori baik, sikap siswa berada pada kategori cukup dengan
persentase 60,67%, dan partisipasi siswa tergolong tinggi dengan persentase
82,25%. Terdapat hubungan positif antara pemahaman konsep, sikap, dan
partisipasi siswa terhadap pengelolaan lingkungan dengan nilai korelasi (R)
sebesar 0,872 dan kontribusi sebesar 76,03%.
Kata Kunci: Partisipasi siswa, Pemahaman konsep, Sikap

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

admin JPSAL

Lihat: 0 | ##article.downloads##: 2

Diterbitkan

2025-11-17