BODY POSITIVITY VS. BODY IDEAL: STUDI KASUS PENGARUH KONTEN TIKTOK PADA CITRA TUBUH GENERASI Z

Authors

  • Aliyah Artamevia Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.59700/js.v8i1.18275

Abstract

Penelitian ini mengkaji pengaruh konten TikTok terhadap citra tubuh Generasi Z dengan fokus pada dua konsep utama, yaitu body positivity dan body ideal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif analitik dengan pendekatan studi kasus, mengamati konten-konten terkait di TikTok melalui teknik dokumentasi, observasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun gerakan body positivity di TikTok memberikan dampak positif, seperti mendorong penerimaan diri dan keberagaman tubuh, narasi body ideal yang mempromosikan standar kecantikan tidak realistis tetap mendominasi. Hal ini menciptakan ketegangan bagi Generasi Z dalam memahami dan menerima citra tubuh mereka. Penelitian ini menegaskan pentingnya literasi digital dan algoritma platform yang lebih inklusif untuk menciptakan lingkungan media sosial yang sehat dan mendukung keberagaman.

Downloads

Download data is not yet available.
DOI: 10.59700/js.v8i1.18275 DOI URL: https://doi.org/10.59700/js.v8i1.18275
Views: 0 | Downloads: 0

References

Ambar. (2017, Oktober 18). Teori Framing – Pengertian – Asumsi – Kritik. PakarKomunikasi.com.

Aritonang, A. M., Pasaribu, E. S., Purba, H., Siburian, P. R., & Yunita, S. (2024). Indo-MathEdu Intellectuals Journal. Pengaruh Media Sosial terhadap Pola Interaksi Kelompok Masyarakat, 5.

Generasi Z dan Body positivity : Definisi hingga Tantangan yang Dihadapi. (2023, Oktober 16). Kumparan.

Hallward, L., Feng, O., & Duncan, L. R. (2023). ScienceDirect. An exploration and comparison of #BodyPositivity and #BodyNeutrality content on TikTok, 50.

Harahap, N. (2020). Penelitian Kuantitatif. Wal ashri Publishing.

Harriger, J. A., Wick, M. R., Sherline, C. M., & Kunz, A. L. (2023). Science Direct. The body positivity movement is not all that positive on TikTok: A content analysis of body positive TikTok videos, 46, 256-264.

Hayati, U. N., Minamas, P., & Subandi. (2024, Mei). Jurnal Media Akademik. Teori Komunikasi dalam Supervisi Pendidikan, 2.

Luwena, G. (2023, Desember 13). Algoritma TikTok Terbaru 2024, Cara Kerja & 4 Strateginya. BLOG Sribu.

Lux, C. K. (2022, April). The Vfaioneer Histories Project Jean Kilbourne. Veteran Feminist of America.

Mukti, I., & Asriadi, M. (2023, Juni). Journal of Communication Research. Representasi Perempuan pada Tayangan Video dalam Media Sosial Tiktok, 1.

Downloads

Published

2025-10-13

How to Cite

Artamevia, A. (2025). BODY POSITIVITY VS. BODY IDEAL: STUDI KASUS PENGARUH KONTEN TIKTOK PADA CITRA TUBUH GENERASI Z. Journal SOSIOLOGI, 8(1), 11–19. https://doi.org/10.59700/js.v8i1.18275