INTERAKSI DAN DINAMIKA KOMUNIKASI KELOMPOK VIRTUAL DALAM KOMUNITAS GAME PLAYERUKNOWN’S BATTLEGROUNDS: PERSPEKTIF SOSIOLOGI KOMUNIKASI
DOI:
https://doi.org/10.59700/js.v8i1.18280Keywords:
PUBG Mobile, Komunikasi Virtual, Sosiologi Komunikasi, Identitas SosialAbstract
Penelitian ini mengkaji interaksi dan dinamika komunikasi kelompok virtual dalam komunitas pemain PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG) Mobile menggunakan perspektif sosiologi komunikasi. Fokus penelitian adalah bagaimana komunikasi digital membentuk pola kerja sama, negosiasi, dan pengambilan keputusan dalam tim, serta kontribusi simbol-simbol permainan terhadap identitas sosial dan hierarki kelompok. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif, data diperoleh melalui wawancara dan studi pustaka. Penelitian ini mengintegrasikan Teori Interaksi Simbolik dari Herbert Blumer dan Teori Strukturasi dari Anthony Giddens untuk memahami bagaimana norma kelompok dan simbol-simbol, seperti nickname, rank, dan pencapaian permainan, memengaruhi dinamika sosial dalam komunitas virtual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa simbol-simbol tersebut tidak hanya mencerminkan status sosial, tetapi juga membentuk norma kelompok yang dinamis. Struktur sosial dalam komunitas PUBG bersifat fleksibel, dipengaruhi oleh interaksi pemain, serta berkontribusi pada solidaritas tim. Penelitian ini memberikan wawasan mengenai bagaimana ruang virtual, seperti PUBG Mobile, menjadi platform untuk membangun identitas sosial dan hubungan kerja sama yang kompleks, sekaligus mengungkap implikasi komunikasi digital terhadap dinamika kelompok di dunia nyata.
Downloads
References
Alfian, Frinico, and Wulan Purnama Sari. Pola Komunikasi Kelompok Virtual Dalam Game PUBG Mobile (Studi Kasus Tim Redlineze E-Sport), 2022, 29–35
Arifah, Fara Hasna, and Yuli Candrasari. Pola Komunikasi Virtual Dalam Komunitas Games Online (Studi Netnografi Pada Komunitas Facebook Genshin Impact Indonesia Official)” 2, no. 2 (2022)
Lukito, Agung Rahmat, Wahyu Utamidewi, Luluatu Nayiroh, Program Studi, Ilmu Komunikasi, Universitas Singaperbangsa, and Telukjambe Timur. “Pola Komunikasi Komunitas Game Online Forza Horizon 4 (Studi
Etnografi Virtual Mengenai Pola Komunikasi Dalam Grup Discord)” 10 (2022): 17–26
Pipit Muliyah, Dyah Aminatun, Sukma Septian Nasution, Tommy Hastomo, Setiana Sri Wahyuni Sitepu, Tryana. “No Title.” Journal GEEJ 7, no. 2 (2020): 7–11
Teofanda, Reza. “Intensitas Bermain Game Online Mobile PlayerUn Known’s Battleground (PUBG) Dengan Kecenderungan Agresivitas Pada Dewasa Awal Cognicia Cognicia,” n.d., 118–30.
