PERAN INFLUENCER DALAM MEMBENTUK PEMAKNAAN GEN-Z TENTANG KONSUMERISME

Authors

  • Putu Ayu Maharani Universitas
  • Olivia Nadya Lestari Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta
  • Savina Hayuningtyas Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.59700/js.v8i1.18324

Keywords:

Kata Kunci: Konsumerisme, Generasi Z, Influencer, Media Sosial, Teori Simulacra

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi bagaimana peran influencer media sosial dalam membentuk pemaknaan persepsi Generasi Z terhadap konsumerisme di era digital. Dengan pendekatan kualitatif dan metode fenomenologi yang digunakan, penelitian ini memanfaatkan wawancara mendalam dengan responden Generasi Z yang memiliki keterlibatan aktif dengan konten influencer di media sosial. Temuan penelitian menunjukkan bahwa peran influencer, dengan penerapan representasi dan simbol yang kuat, mampu membangun citra prestise dan identitas sosial yang memengaruhi pola konsumsi Generasi Z. Dengan mengacu pada teori Simulacra yang dikemukakan oleh Jean Baudrillard, penelitian ini menyoroti bahwa media sosial tidak hanya menjadi ruang promosi semata, tetapi juga alat pembentukan realitas baru yang mendorong gaya hidup konsumtif secara berlebihan. Sehingga, kesimpulan utama menyatakan bahwa pemaknaan persepsi mengenai sikap konsumerisme di kalangan Generasi Z dipengaruhi oleh hiperrealitas yang diciptakan oleh influencer di media sosial, di mana nilai simbolik suatu produk menjadi lebih penting dibandingkan nilai fungsionalnya.

References

Ady Triyas, A. P., Wulan Maulida, D. R., & Rahmawati, N. A. (2024). Analisis Representasi Influencer dalam Memunculkan Budaya Hiperrealitas Mahasiswa Terhadap Suatu Produk Melalui Konten Review. Jurnal Penelitian Inovatif, 4(3), 1025–1036. https://doi.org/10.54082/jupin.457

Djalal Taufiq, Adam Arlin, & Kamaruddin A Syamsu. (2022). Masyarakat Konsumen dalam Perspektif Teori Kritis Jean Baudrillard. Indonesian Journal of Social and Educational Studies, Volume 3, 255–260.

Esti, L., & Hartanti, P. (n.d.). KOMUNIKASI ORANG MUDA DI SOSIAL MEDIA SEBAGAI INFLUENCER.

Fiky Binti Zakiyah, Madia Mutiara Andini, & Lyca Shelya Dewi. (2024). Analisis Fenomena Budaya Konsumerisme Fastfood Bagi Kalangan Generasi Z. SOSIAL : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPS, 2(2), 96–102. https://doi.org/10.62383/sosial.v2i2.144

Muhajirin, Risnita, & Asrulla. (2024). Pendekatan Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Serta Tahapan Penelitian. Journal Genta Mulia, Volume 15, 82–92.

Ramadhan, A. F., & Simanjuntak, M. (2018). Perilaku Pembelian Hedonis Generasi Z: Promosi Pemasaran, Kelompok Acuan, dan Konsep Diri. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 11(3), 243–254. https://doi.org/10.24156/jikk.2018.11.3.243

Rakoczy, M. E., Bouzeghoub, A., Lopes Gancarski, A., & Wegrzyn-Wolska, K. (2018). In the search of quality influence on a small scale–micro-influencers discovery. In On the Move to Meaningful Internet Systems. OTM 2018 Conferences: Confederated International Conferences: CoopIS, C&TC, and ODBASE 2018, Valletta, Malta, October 22-26, 2018, Proceedings, Part II (pp. 138-153). Springer International Publishing.

Saumantri, T., Abdu Zikrillah, dan, Sejarah dan Kebudayaan Islam, J., Komunikasi dan Penyiaran Islam, J., & Syekh Nurjati Cirebon, I. (2020). TEORI SIMULACRA JEAN BAUDRILLARD DALAM DUNIA KOMUNIKASI MEDIA MASSA JEAN BAUDRILLARD’S SIMULACRA THEORY IN THE COMMUNICATION WORLD OF MASS MEDIA. In Jurnal Dakwah dan Komunikasi | (Vol. 11, Issue 2).

Thania Grace Sehila Kuss, & Anggraini Yunita. (2021). PENGARUH GAYA HIDUP, ONLINE FESTIVAL, DAN BEAUTY INFLUENCER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK DI MASA PANDEMI COVID-19. Volume 2, 275–286.

Downloads

Published

2025-10-13

How to Cite

Putu Ayu Maharani, Olivia Nadya Lestari, & Savina Hayuningtyas. (2025). PERAN INFLUENCER DALAM MEMBENTUK PEMAKNAAN GEN-Z TENTANG KONSUMERISME. Journal SOSIOLOGI, 8(1), 1–13. https://doi.org/10.59700/js.v8i1.18324