PENGALAMAN MEMBANGUN RELASI VIRTUAL DI MEDIA SOSIAL STUDI TENTANG IBU RUMAH TANGGA MENGEMBANGKAN USAHA DI MEDIA SOSIAL
DOI:
https://doi.org/10.59700/js.v8i1.18360Keywords:
Media Sosial, Ibu Rumah Tangga, Usaha OnlineAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran media sosial dalam membantu ibu rumah tangga memulai dan mengembangkan usaha berbasis online, dengan fokus pada strategi membangun relasi virtual. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus pada beberapa ibu rumah tangga yang sukses menjalankan bisnis melalui media sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial memberikan fleksibilitas yang memungkinkan ibu rumah tangga mengelola bisnis tanpa meninggalkan tanggung jawab domestik. Strategi seperti konsistensi konten, interaksi personal, dan partisipasi dalam komunitas online terbukti efektif dalam membangun relasi virtual yang kuat, meningkatkan penjualan, serta menciptakan loyalitas pelanggan. Meskipun demikian, tantangan seperti keterbatasan waktu, modal, dan pengetahuan tentang pemasaran digital sering menjadi hambatan. Dukungan sosial dari komunitas online membantu ibu rumah tangga mengatasi tantangan ini dan memperluas peluang bisnis. Simpulan penelitian menunjukkan bahwa media sosial berperan penting dalam pemberdayaan ekonomi dan sosial ibu rumah tangga, serta memberikan dampak psikologis positif seperti peningkatan kepercayaan diri dan keterampilan.
References
Vernia, Dellia Mila. "Peranan Pendidikan dan Pelatihan Media Sosial dalam Pemasaran Online untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)." Lectura: Jurnal Pendidikan 8.2 (2017).
Hendrawan, Jodi, Ika Devi Perwitasari, and Nadya Andhika Putri. "SOSIALISASI
PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL UNTUK MENAMBAH INCOME BAGI
IBU RUMAH TANGGA DUSUN IV DESA KELAMBIR LIMA
KEBUN." Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat (JURIBMAS) 2.1 (2023): 128132.
Silaban, Vrisca. Pengaruh Penggunaan Media Digital Terhadap Tingkat Penjualan Produk Kuliner Makanan (Studi pada Pemilik Usaha Kuliner Makanan di
Yogyakarta). Diss. UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA, 2021.
Vernia, Dellia Mila. "Optimalisasi Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Bisnis Online Bagi Ibu Rumah Tangga Untuk Meningkatkan Perekonomian
Keluarga." UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi 1.2 (2017): 105118.
Achmad, Zainal Abidin, et al. "Pemanfaatan media sosial dalam pemasaran produk UMKM di Kelurahan Sidokumpul, Kabupaten Gresik." Jurnal Ilmu Komunikasi 10.1 (2020): 17-31.
Safrin, Ainun Mardhiyah1 Feby Aulia. "Analisis Pemanfaatan Media Online Dalam Menunjang Peluang Bisnis (Studi Pada Bisnis Fashion Di Kota Medan)."
Septiani, Jihan, et al. "Pemanfaatan Media Sosial untuk Bisnis Online di Masa Pandemi Covid-19." Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ.
Vol. 1. No. 1. 2021.