ANALISIS SEMIOTIKA JOHN FISKE TENTANG CYBERBULLYING PADA REMAJA DALAM FILM UNFRIENDED
(JOHN FISKE'S SEMIOTIC ANALYSIS OF CYBERBULLYING IN ADOLESCENTS IN UNFRIENDED FILM)
DOI:
https://doi.org/10.59700/jsos.v6i1.9108Keywords:
Cyberbullying, Semiotika Fiske, Film UnfriendedAbstract
Film adalah produk entertain yang dikomersialkan dan sering menjadi perbincangan dalam ilmu komunikasi. Sebagai produk entertain, tidak jarang film juga memuat atau memasukkan kritik sosial maupun lingkungan di dalamnya. Salah satu film yang memasukkan unsur kritik sosial adalah film unfriended yang diproduksi oleh Blumhouse Production yang bekerja sama dengan Bazelevs. Film ini menarik untuk dikaji secara semiotic karena memiliki muatan kritik sosial mengenai cyberbully yang saat ini marak terjadi mengingat zaman modern seperti sekarang merupakan era media sosial. Cyberbullying menjadi bentuk baru perundungan pada remaja dengan menyalahgunakan teknologi. Pada rumusan masalah peneliti hendak mengungkap berbagai simbol dan makna yang diungkapkan secara tersirat mengenai cyberbullying yang disajikan dalam film Unfriended. Dalam penelitian ini memanfaatkan metode penelitian kualitatif Deskriptif yang menggunakan sumber bahan in formasi berupa kata-kata atau kalimat serta tindakan yang selebihnya dapat berupa tambahan berbentuk dokumen ataupun tangkapan gambar. Analisis semiotika di film ini menggunakan metode dari John Fiske dengan mengklasifikasikan kedalam tiga bagian utama, yaitu realitas, representasi, dan ideologi. Hasil dari penelitian ini adalah cyberbullying merjupakan masalah sosial yang nyata dan menjdi permasalahan bagi para remaja.