ANALISIS SEMIOTIKA JOHN FISKE TENTANG CYBERBULLYING PADA REMAJA DALAM FILM UNFRIENDED (JOHN FISKE'S SEMIOTIC ANALYSIS OF CYBERBULLYING IN ADOLESCENTS IN UNFRIENDED FILM)

Authors

  • Ardi Nasrullah Farikhi Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Cyberbullying, Semiotika Fiske, Film Unfriended

Abstract

Film adalah produk entertain yang dikomersialkan dan sering menjadi perbincangan
dalam ilmu komunikasi. Sebagai produk entertain, tidak jarang film juga memuat atau
memasukkan kritik sosial maupun lingkungan di dalamnya. Salah satu film yang
memasukkan unsur kritik sosial adalah film unfriended yang diproduksi oleh Blumhouse
Production yang bekerja sama dengan Bazelevs. Film ini menarik untuk dikaji secara
semiotic karena memiliki muatan kritik sosial mengenai cyberbully yang saat ini marak
terjadi mengingat zaman modern seperti sekarang merupakan era media sosial.
Cyberbullying menjadi bentuk baru perundungan pada remaja dengan menyalahgunakan
teknologi. Pada rumusan masalah peneliti hendak mengungkap berbagai simbol dan makna
yang diungkapkan secara tersirat mengenai cyberbullying yang disajikan dalam film
Unfriended. Dalam penelitian ini memanfaatkan metode penelitian kualitatif Deskriptif yang
menggunakan sumber bahan in formasi berupa kata-kata atau kalimat serta tindakan yang
selebihnya dapat berupa tambahan berbentuk dokumen ataupun tangkapan gambar. Analisis
semiotika di film ini menggunakan metode dari John Fiske dengan mengklasifikasikan
kedalam tiga bagian utama, yaitu realitas, representasi, dan ideologi. Hasil dari penelitian ini
adalah cyberbullying merjupakan masalah sosial yang nyata dan menjdi permasalahan bagi
para remaja.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-05-08

How to Cite

Ardi Nasrullah Farikhi. (2023). ANALISIS SEMIOTIKA JOHN FISKE TENTANG CYBERBULLYING PADA REMAJA DALAM FILM UNFRIENDED (JOHN FISKE’S SEMIOTIC ANALYSIS OF CYBERBULLYING IN ADOLESCENTS IN UNFRIENDED FILM). Journal SOSIOLOGI, 6(1), 20–26. Retrieved from https://e-journal.upr.ac.id/index.php/JSOS/article/view/9108