PENATAAN RUANG TERBUKA HIJAU DI KAWASAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS PALANGKA RAYA

DOI:

https://doi.org/10.36873/jpa.v11i02.1983

Keywords:

Penataan, Ruang Terbuka Hijau, Kampus

Abstract

Meningkatnya pembangunan sarana dan prasana, berimbas kepada berkurangnya ruang terbuka hijau. Hal ini disebabkan karena adanya perubahan peruntukan, dari ruang terbuka hijau menjadi kawasan kampus, pelebaran jalan, parkir dan tempat pedagang kaki lima. Perubahan ini mengakibatkan menurunnya kualitas lingkungan dan daya dukung lingkungan.
Kondisi lingkungan yang memprihatinkan tersebut akan bisa mengakibatkan efek bagi manusia dan lingkungan itu sendiri, yang secara global dapat mengakibatkan terjadinya pemanasan global dan perubahan iklim. Untuk itu perlu dilakukan tindakan pencegahan dan pengendalian lingkungan. Salah satu upaya yang bisa dilakukan dalam mengembangkan ruang terbuka hijau adalah dengan melakukan kegiatan penghijauan.
Kampus sebagai pusat kegiatan belajar mengajar mahasiswa,dimana pembangunan sarana dan prasana yang selama ini dilakukan memang telah berhasil meningkatkan kualitas pendidikan mahasiswa namun disisi lain juga menimbulkan dampak lingkungan, sehingga kawasan disekitar kampus menjadi tidak nyaman. Oleh sebab itu maka penataan ruang terbuka hijau pada kawasan kampus yang dalam hal ini akan dikhususkan pada Fakultas Teknik Univeristas Palangka raya. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi pengambil kebijakan, dalam rangka meningkatkan status keberlanjutan pengelolaan ruang terbuka hijau

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-12-31

How to Cite

[1]
“PENATAAN RUANG TERBUKA HIJAU DI KAWASAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS PALANGKA RAYA”, JPA, vol. 11, no. 02, pp. 251–260, Dec. 2016.