FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM MEMBELI RUMAH DI WILAYAH KECATAMAN JEKAN RAYA DAN KECAMATAN SEBANGAU KOTA PALANGKA RAYA

Authors

  • Subrata Aditama Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Palangka Raya
  • Feny Yuliekanamita Tenaga Sipil pada Biro Kontraktor

DOI:

https://doi.org/10.36873/jpa.v7i02.842

Keywords:

harga lokasi, bangunan, fasilitas penunjang, keputusan pembeli

Abstract

Pada masa sekarang ini pembangunan di sektor perekonomian mengalami peningkatan yang luar biasa. Dengan demikian meningkat juga kesejahteraan masyarakat, maka dari itu kebutuhan manusia akan semakin beragam, dan salah satunya kebutuhan akan tempat tinggal yaitu rumah. Salah satu developer yang menawarkan suatu perumahan yang layak huni yaitu Perumahan Bama Raya, Bangas Permai, Panenga dan Kereng Indah Permai. Akan tetapi, permasalahan yang dihadapi yaitu bagaimana penjualan rumah dapat terus meningkat setiap tahunnya, padahal sekarang ini banyak bermunculan pengembang-pengembang perumahan yang berani memunculkan terobosan-terobosan baru. Oleh karena itu, dalam penelitian ini akan menganalisis faktor penting untuk diteliti, seperti faktor harga, lokasi, bangunan, dan fasilitas penunjang terhadap keputusan beli.

Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan program SPSS Versi 17.0. Populasi yang digunakan adalah masyarakat Palangka Raya yang menghuni rumah di Perumahan Bama Raya, Bangas Permai, Panenga dan Kereng Indah Permai. Sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 40 orang dengan metode proportional sampling.

Berdasarkan analisis yang telah digunakan, dapat ditarik beberapa kesimpulan pada saat dilakukan pengolahan regresi berganda. Penelitian ini memenuhi syarat validitas, reliabilitas, multikolinearitas dan telah lolos uji normalitas. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t menunjukkan bahwa variabel harga dan fasilitas penunjang yang diteliti secara signifikan mempengaruhi keputusan pembelian. Sedangkan lokasi dan bangunan secara signifikan tidak ada pengaruh keputusan pembeli. Pada uji f menunjukkan signifikan < 0,05. Hal ini berarti variabel harga dan fasilitas penunjang berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian sedangkan variabel lokasi dan bangunan tidak ada pengaruh terhadap keputusan pembelian. Koefisien determinasi diperoleh nilai Adjusted R2=0,220%. Artinya, hanya 22 % keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel harga dan variabel fasilitas penunjang, sisanya 78 % tidak ada pengaruh terhadap variabel lokasi dan variabel bangunan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2012-12-31

How to Cite

[1]
S. Aditama and F. Yuliekanamita, “FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM MEMBELI RUMAH DI WILAYAH KECATAMAN JEKAN RAYA DAN KECAMATAN SEBANGAU KOTA PALANGKA RAYA”, JPA, vol. 7, no. 02, pp. 51–64, Dec. 2012.