RANCANG BANGUN APLIKASI SCHOOL GUIDE SMK KESEHATAN BORNEO BHAKTI HUSADA PALANGKA RAYA BEBASIS ANDROID

Authors

  • Widiatry Widiatry Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.47111/jti.v10i1.1525

Keywords:

SMK KESBORAKSA, School Guide, Android Applications

Abstract

SMK Kesehatan Borneo Bhakti Husada (KESBORAKSA) Palangka Raya  merupakan sekolah kejuruan bidang kesehatan yang berada di jalan G.Obos km.4 kelurahan Menteng, kecamatan Jekan Raya, kota Palangka Raya. SMK Kesehatan Borneo Bhakti Husada ini merupakan sekolah kejuruan berstatus swasta yang memiliki dua jurusan yaitu Keperawatan dan Farmasi. Seperti sekolah pada umumnya, SMK Kesehatan Borneo Bhakti Husada Palangka Raya juga menerbitkan buku panduan sekolah bagi para siswa. Namun, pada saat ini penggunaan buku panduan sekolah bagi siswa-siswi dinilai kurang praktis.

Android adalah sistem operasi berbasis Linux dan bersifat open source menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi yang digunakan oleh bermacam perangkat dan sudah banyak dipakai pada jenis smartphone. Aplikasi android banyak ditanamkan di sistem operasi handphone sehingga dapat menjadi alat bantu petunjuk sekolah layaknya buku panduan sekolah eletronik atau School Guide bagi siswa-siswi SMK KESBORAKSA. Maka dari itu dapat dilakukan perancangan program kerja praktek dengan judul “Aplikasi School Guide SMK Kesehatan Borneo Bhakti Husada Palangka Raya berbasis Android” menggunakan metode Luther dengan 6 tahapan yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing dan distribution.

Hasil uji coba aplikasi ini menggunakan Blackbox  menunjukkan bahwa aplikasi School Guide yang dibuat telah berfungsi dengan baik dan untuk pengembangan selanjutnya diharapkan dapat dihubungkan dengan basis data (Database) agar dapat membentu admin meng-update data.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aulia, Nanda. 2015. Laporan Program Profesional dengan Judul Rancang Bangun Aplikasi Peta Sederhana “Kereng Pangi Map” Berbasis Android. Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Palangkaraya. Palangka Raya. (unpublished)

Efendy Rasyid, Fadjar. 2014. Android Sistem Operasi pada Smartphone. http://www.ubaya.ac.id. (3 Oktober 2015)

Sri Dharwiyanti, Romi Satria W. 2003. Pengantar Unified Modeling Language (UML). (Online: http://www.ilmukomputer.com. (2 Oktober 2015)

Viananda Zalikha, Rinda. 2014. Analisis Membuat Buku Panduan Aplikasi Berbasis Android dengan Menggunakan OpenVPN Client Free. http://www.library.gunadarma.ac.id. (2 oktober 2015).

Downloads

Published

2016-01-11