PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY (AR) DALAM PEMBELAJARAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS
DOI:
https://doi.org/10.47111/jti.v19i1.19099Keywords:
Augmented Reality, English, MDLC, 3DAbstract
Teknologi dalam dunia pendidikan sangat mempengaruhi minat belajar dibandingkan dengan belajar hanya dengan buku teks. Teknologi dapat meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap kosakata bahasa Inggris, salah satunya adalah teknologi yang dikenal dengan Augmented Reality yang menghubungkan dunia digital dengan lingkungan pengguna secara real-time. Aplikasi pembelajaran ini diciptakan untuk mengatasi dampak negatif penggunaan smartphone dan mengajarkan kosakata bahasa Inggris sebagai pengenalan awal dalam pembelajaran. Media pembelajaran interaktif ini ditujukan untuk meningkatkan daya ingat pengguna dan meningkatkan fokus mereka terhadap layanan pembelajaran. Tidak hanya dapat memberikan informasi dan pengetahuan, tetapi juga dapat menghibur pengguna. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat aplikasi “Augmented Reality English Vocabulary Learning”, dengan menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Augmented Reality (AR) dapat menawarkan solusi yang inovatif, informatif, dan menarik untuk pembelajaran. Selain itu, teknologi ini memiliki kemampuan untuk menyajikan objek virtual dalam bentuk 3D secara real time.
Downloads
References
D. S. O. Wahyuni and E. Muryanti, “PENGARUH BUKU CERITA BERGAMBAR BERBASIS AUGMENTED REALITY DALAM MENINGKATKAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS ANAK USIA DINI,” Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan …, 2024, [Online]. Available: https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/13750
A. Prihandono, O. M. S. Bere, and ..., “Aplikasi Gamifikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Augmented Reality,” Jurnal Informatika …, 2023, [Online]. Available: https://journal.upgris.ac.id/index.php/JIU/article/view/15773
F. S. Munir, “Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Siswa Sekolah Dasar dengan Berbantuan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android,” PUSTAKA: Jurnal Bahasa dan Pendidikan, 2023, [Online]. Available: https://jurnal-stiepari.ac.id/index.php/pustaka/article/view/685
Y. Suciliyana, “Augmented reality sebagai media pendidikan kesehatan untuk anak usia sekolah,” Jurnal Surya Muda, 2020, [Online]. Available: http://journals.umkaba.ac.id/index.php/jsm/article/view/51
Y. Suciliyana, “Augmented reality sebagai media pendidikan kesehatan untuk anak usia sekolah,” Jurnal Surya Muda, 2020, [Online]. Available: http://journals.umkaba.ac.id/index.php/jsm/article/view/51
P. H. Pradana, “Penerapan Media Augmented Reality untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini,” Kumara Cendekia, 2024, [Online]. Available: https://jurnal.uns.ac.id/kumara/article/view/86044