Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Model Open Ended Learning Berbantu Media Kartu Puzzle Huruf Kelas I Semester 2 SD Negeri 1 Wonokromo
DOI:
https://doi.org/10.37304/sangkalemo.v2i2.10642Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar Melalui Model Open Ended Learning Berbantu Media Kartu Puzzle Huruf Kelas I Semester 2 SD Negeri 1 Wonokromo. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang didisain dengan menggunakan model Kemmis & Mc Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas I SD Negeri 1 Wonokromo dengan jumlah 7 siswa dan dilaksanakan dalam 2 siklus. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes untuk mengetahui dan mengukur hasil belajar siswa. Data yang didapatkan pada prasiklus adalah 3 siswa atau 43% lulus nilai KKM dengan rata-rata 67 yang sudah mendapatkan nilai mencapai kriteria. Pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 57% atau 4 siswa tuntas KKM dengan rata-rata 75 dan pada siklus ke II semua siswa lulus KKM atau 100% siswa mencapai KKM dengan rata-rata 90. Dari hasil diatas, dapat disimpulkan jika pembelajaran Open Ended Learning mampu meningkatkan hasil belajar siswa sehingga dapat dikatakan penelitian ini telah berhasi