Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Model Open Ended Learning Berbantu Media Kartu Puzzle Huruf Kelas I Semester 2 SD Negeri 1 Wonokromo

Penulis

  • wahyu puspaningsih sd

DOI:

https://doi.org/10.37304/sangkalemo.v2i2.10642

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar Melalui Model Open Ended Learning Berbantu Media Kartu Puzzle Huruf Kelas I Semester 2 SD Negeri 1 Wonokromo. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang didisain dengan menggunakan model Kemmis & Mc Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas I SD Negeri 1 Wonokromo dengan jumlah 7 siswa dan dilaksanakan dalam 2 siklus. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes untuk mengetahui dan mengukur hasil belajar siswa. Data yang didapatkan pada prasiklus adalah 3 siswa atau 43%  lulus nilai KKM dengan rata-rata 67 yang sudah mendapatkan nilai mencapai kriteria. Pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 57% atau 4 siswa tuntas KKM dengan rata-rata 75 dan pada siklus ke II semua siswa lulus KKM atau 100% siswa mencapai KKM dengan rata-rata 90. Dari hasil diatas, dapat disimpulkan jika pembelajaran Open Ended Learning mampu meningkatkan hasil belajar siswa sehingga dapat dikatakan penelitian ini telah berhasil.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.
##doi.editor.displayName##: 10.37304/sangkalemo.v2i2.10642 DOI URL: https://doi.org/10.37304/sangkalemo.v2i2.10642
Lihat: 11 | ##article.downloads##: 17

Diterbitkan

2023-07-28

Cara Mengutip

puspaningsih, wahyu. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Model Open Ended Learning Berbantu Media Kartu Puzzle Huruf Kelas I Semester 2 SD Negeri 1 Wonokromo . Sangkalemo : The Elementary School Teacher Education Journal, 2(2), 64–71. https://doi.org/10.37304/sangkalemo.v2i2.10642

Terbitan

Bagian

Articles