MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK MATERI CERITA FIKSI MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI KELAS V SDN 6 LANGKAI PALANGKA RAYA
DOI:
https://doi.org/10.37304/sangkalemo.v4i1.15164Keywords:
Keterampilan Menyimak, Metode DemontrasiAbstract
ABSTRAK
Pada kegiatan proses pembelajaran, keterampilan menyimak yang baik juga sangat diperlukan. Semua kegiatan pembelajaran apapun mata pelajarannya, tidak pernah terlepas dari kegiatan menyimak. Siswa yang memiliki keterampilan menyimak yang baik akan mudah memahami apa yang didengarnya dan biasanya akan bisa menyerap lebih banyak informasi yang disimaknya bila dibandingkan dengan siswa yang memiliki keterampilan menyimak rendah. Oleh karenanya keterampilan menyimak memiliki kedudukan yang sangat penting. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan keterampilan menyimak siswa dan meningkatkan aktivitas siswa dalam menyimak materi cerita fiksi siswa Kelas V SDN 6 Langkai Palangka Raya dengan menggunakan metode demontrasi.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Sampel penelitiannya adalah siswa kelas V SDN 6 Langkai Kota Palangka Raya yang berjumlah 25 orang siswa. Pengumpulan data menggunakan pengamatan dan tes serta dianalisia dengan menggunakan uji kualitatif dan kuantitatif.