Pengembangan Modul Matematika Berbasis Metode Sarisawara untuk Meningkatkan Literasi Numerasi
DOI:
https://doi.org/10.37304/sangkalemo.v4i2.20200Keywords:
Basic Mathematics Module, Sariswara Method, Numeracy LiteracyAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan modul produk berupa modul matematika dasar berbasis metode sariswara untuk meningkatkan keterampilan literasi numerasi; (2) mendeskripsikan kelayakan modul matematika dasar berbasis metode sariswara untuk meningkatkan keterampilan literasi numerasi pada siswa sekolah dasar; (3) mendeskripsikan efektifitas modul matematika dasar berbasis metode sariswara yang dihasilkan.
Metode penelitian ini adalah research and development menurut Borg & Gall (1983) dengan 10 tahapan, diantaranya: research and information collecting; planning; develop preliminary form of product; preliminary field testing; main product revision; main field testing; operational product revision; operational field testing; final product revision; dan dissemination & implementation. Subjek uji coba skala terbatas dalam penelitian ini adalah kelas 1B SD ARB, subjek uji coba skala luas adalah kelas 1A dan 1C SD ARB. Teknik pengumpulan data yaitu kuesioner, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan kualitatif deskriptif dan kuantitatif berupa kuasi eksperimen.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) menghasilkan produk berupa modul matematika dasar berbasis metode sariswara. Adapun modul matematika ini memiliki karakteristik self intruction, self contained, berdiri sendiri, adaptif, bersahabat, dan kekhasan metode sariswara; (2) hasil validasi produk memperoleh penilaian dari ahli materi rerata 86% termasuk dalam kriteria layak dan dari ahli desain rerata 89% termasuk dalam kriteria layak; (3) hasil uji efektifitas pada coba terbatas memperoleh n-gain score 56% termasuk dalam kategori cukup efektif dan uji coba luas menunjukkan jika pada kelompok eksperimen mempunyai nilai rata-rata yang lebih tinggi dibanding kelompok kontrol. Dapat disimpulkan bahwa nilai kelompok eksperimen lebih tinggi dari pada kelompok kontrol.
References
Abidin, Y. , Mulyati, T. , & Yunansah, H. (2018). Pembelajaran literasi: strategi meningkatkan kemampuan literasi matematika, sains, membaca dan menulis. Jakarta. Bumi Aksara.
Andini, D. W., et al. (2023). The development of the sariswara method in accommodating the students’ diversity in thematic learning material of elementary school. Jurnal Prima Edukasia, 11(1), 72–80. https://doi.org/10.21831/jpe.v11i1.53254
Borg, W. R. & Gall, M. D. (1983). Education research and introduction (4th ed). Longman Inc.
Erlyana, R. (2023). Deskripsi kemampuan literasi numerasi siswa sd. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 7(2), 193. https://doi.org/10.31949/th.v7i2.4366
Haryanto (2013). Menyusun Modul. Yogyakarta. Penerbit Gava Media.
Patriana, W. D., et al. (2021). Pembudayaan literasi numerasi untuk asesmen kompetensi minimum dalam kegiatan kurikuler pada sekolah dasar muhammadiyah. Jurnal Basicedu, 5(5), 3413–3430. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1302
Purwahida, R. (2018). Problematika pengembangan modul pembelajaran baca tulis anak usia sekolah dasar. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 127–137. https://doi.org/10.21009/aksis.020108
Saktimulya, S. R., et al. (2019). Implementasi metode sariswara karya ki hadjar dewantara pada sekolah dasar di kecamatan mergangsan yogyakarta. Bakti Budaya, 2(1), 3. https://doi.org/10.22146/bb.45026
Setyawan, A. D. (n.d.). Pada Mata Kuliah Karawitan. 1264–1268.
Shandy, H. D. A., & Trilisiana, N. (2020). Dalam membangun kemerdekaan jiwa individu anak helmi denada ari shandy , novi trilisiana the implementation of sariswara ki hadjar dewantara method in developing children independent spirit. 3.
Sirate, S. F., & Ramadhana, R. (2017). Pengembangan modul pembelajaran berbasis keterampilan literasi. Inspiratif Pendidikan, 6(2), 316. https://doi.org/10.24252/ip.v6i2.5763
Sugiyono (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta