UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK MELALUI PERMAINAN MISTERY BOX PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN 4 PALANGKA

Penulis

  • Adila Dwi Julianti Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Palangka Raya
  • Roso Sugiyanto Universitas Palangka Raya
  • Carolina Fransiska Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.37304/sangkalemo.v4i2.21386

Kata Kunci:

Menulis Cerita PendeK, Permainan Mistery Box, Bahasa Indonesia

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya keterampilan menulis cerita pendek peserta didik kelas V SDN 4 Palangka. Hal ini disebabkan oleh kurangnya media pembelajaran inovatif, terbatasnya kesempatan peserta didik berlatih menulis cerita pendek, serta kurangnya rasa percaya diri peserta didik mengekspresikan ide. Selain itu, karakteristik peserta didik masih memerlukan bimbingan menjadi kendala dalam menulis cerita pendek. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita pendek melalui permainan mistery box pada mata pelajaran bahasa Indonesia.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dirincikan dengan siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 29 peserta didik kelas V SDN 4 Palangka dan 1 guru kelas V SDN 4 Palangka. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan tes dan observasi. Instrumen yang digunakan meliputi tes menulis cerita pendek dan lembar observasi aktivitas guru dan peserta didik. Data dianalisis secara kualitatif dan deskriptif kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan keterampilan menulis cerita pendek peserta didik pada setiap siklus. Pada pra tindakan, nilai rata-rata peserta didik sebesar 47,34 dan ketuntasan klasikal sebesar 13,8% dengan kategori tidak tuntas. Pada siklus I nilai rata-rata peserta didik meningkat menjadi 62,38 dan ketuntasan klasikal sebesar 58,6% dengan kategori tidak tuntas. Pada siklus II nilai rata-rata peserta didik semakin meningkat menjadi 74,1 dan ketuntasan klasikal sebesar 82,8% dengan kategori tuntas. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa  media permainan mistery box pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi menulis cerita pendek dapat meningkatkan keterampilan menulis cerita pendek dan aktivitas pembelajaran menjadi lebih baik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.
##doi.editor.displayName##: 10.37304/sangkalemo.v4i2.21386 DOI URL: https://doi.org/10.37304/sangkalemo.v4i2.21386
Lihat: 20 | ##article.downloads##: 31

Referensi

Abbas, S. (dalam Agustin, 2020). Analisis Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas IV. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 83- 92

Andi. T. (2024). Pengaruh Media Mistery Box Terhadap Kemampuan Menulis Deskripsi Siswa kelas IV UPTD SDN 32 Barru. Universitas Muhammadiyah Makkasar.

Murhadi & Hasanudin dalam Rahmani, E. (2021). Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Pendek Melalui Media Gambar Berseri. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 25.

Nurgiyantoro, B. (2013). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Qadaria, L., et al. (2023). Analisis faktor penyebab rendahnya keterampilan menulis belajar siswa SD kelas IV. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia (JUBPI), 1(3): 97–106. https://doi.org/10.55606/jubpi.v1i3.1675

Renggani. (2022). Jenis-Jenis media dalam pembelajaran. Jenis-Jenis Media Dalam Pembelajaran, 1-16.

Simamora, L. H., Hasibuan, H. B. and Lubis, Z. (2019) ‘Pengaruh Penerapan Permainan Magic Box (Kotak Misteri) Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun Di Ra Al-Fajar Medan Denai’. Jurnal Raudhah, 7(2).

Diterbitkan

2025-07-28

Cara Mengutip

Julianti, A. D., Roso Sugiyanto, & Carolina Fransiska. (2025). UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK MELALUI PERMAINAN MISTERY BOX PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN 4 PALANGKA. Sangkalemo : The Elementary School Teacher Education Journal, 4(2), 36–43. https://doi.org/10.37304/sangkalemo.v4i2.21386

Terbitan

Bagian

Articles