Analisis Pelaksanaan dan Penanaman Nilai Karakter melalui Ekstrakurikuler Hadrah di SDIT

Authors

  • Janu Annas Wijanarko Annas UIN Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.37304/sangkalemo.v4i2.21428

Keywords:

Analisis; Pelaksanaan; Penanaman; Nilai Karakter; Hadrah;

Abstract

Ekstrakurikuler memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan potensi, kemampuan, serta minat dan bakat di berbagai bidang, seperti seni, olahraga, ilmu pengetahuan, dan teknologi. Salah satu program pembinaan minat dan bakat di bidang seni keagamaan di SDIT Alam IKM Al-Muhajirin Kota Palangka Raya adalah kegiatan ekstrakurikuler hadrah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan dan penanaman nilai karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler hadrah. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kegiatan hadrah dilaksanakan secara rutin setiap hari Sabtu pukul 08.30–10.00 WIB di aula sekolah, dengan peserta sebanyak 20 siswa dari kelas III hingga kelas VI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan ini menjadi wadah untuk menyalurkan bakat siswa dalam seni musik Islami sekaligus menanamkan nilai-nilai karakter, seperti religius, disiplin, kerja keras, rasa ingin tahu, kemandirian, dan menghargai prestasi.

References

Annisa, M. N., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Peran Ekstrakurikuler dalam Meningkatkan Karakter Kewarganegaraan Siswa di Sekolah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7286-7291.

M. Noor, R. (2012). The Hidden Curriculum Membangun Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler. Yogyakarta: Insan Madani.

Nurrohman, W. M., & Alvarozi, M. Z. (2023). Penguatan Islam Moderat di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Singosaren Ponorogo. Rausyan Fikri Journal of Islamic Studies, 1(1), 48–56.

Oviyanti, A. M., & Handayaningrum, W. (2022). Pembelajaran Musik Hadrah Al-Banjari Pada Grup El-Hasanuddin di Desa Tebel Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 11(1), 89-107.

Saputri, A., Lestari, G., Iqbal, I., Cahya Prasasti, M., & Hasybyah, N. (2023). Efektivitas Kegiatan Seni Hadroh sebagai Media Dakwah dalam Pembinaan Akhlak Remaja Desa Terentang Bangka Barat. Comserva: Indonesian Jurnal of Community Services and Development, 2(11), 2551–2556.

Wiyani, N. A. (2013). Konsep, Praktik, dan Strategi Membumikan Pendidikan Karakter di SD. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Wulandari, A. D., Zainab, M. S., Isnaini, P. N., & Mulyana, A. (2024). Analisis Pelaksanaan Program Ekstrakurikuler di SDN 268 Panyileukan dan SD Priangan Istiqomah. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 1(2), 271-276.

Zahidi, A., & Santosa, S. (2017). Penanaman Nilai–Nilai Karakter melalui Ekstrakurikuler Hadroh di MI Ma’arif Giriloyo 1 Imogiri Bantul, 9(1), 101-110.

Downloads

Published

2025-07-25

How to Cite

Annas, J. A. W. (2025). Analisis Pelaksanaan dan Penanaman Nilai Karakter melalui Ekstrakurikuler Hadrah di SDIT. Sangkalemo : The Elementary School Teacher Education Journal, 4(2), 28–35. https://doi.org/10.37304/sangkalemo.v4i2.21428

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.