Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Discovery Learning untuk Materi Menulis Teks Laporan Hasil Observasi
Keywords:
Modul, Discovery Learning, Teks Laporan Hasil ObservasiAbstract
Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan modul berbasis discovery learning untuk materi menulis teks laporan hasil observasi yang valid, praktis, dan efektif untuk digunakan oleh siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Semen Padang yang berjumlah 24 orang. Pemilihan subjek penelitian berdasarkan pertimbangan-pertimbangan tertentu. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4D. Pengembangan diawali dengan tahap pendefinisian, perancangan, dan diakhiri dengan pengembangan. Selama penelitian, peneliti berkolaborasi dengan guru bahasa Indonesia. Data penelitian yang berbentuk kualitatif diperoleh dari analisis hasil wawancara dengan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia, sedangkan data kuantitatif diperoleh dari penilaian validator ahli, guru dan siswa, dan hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan sebagai berikut. Pertama, validitas modul berbasis discovery learning yang dikembangkan tergolong sangat valid dengan presentase 92,50 % .Kedua, praktikalitas modul yang dikembangkan tergolong sangat praktis dengan presentase 90,28% dan 83,33%. Ketiga, efektivitas modul yang dikembangkan tergolong sangat efektif dengan persentase penilaian pada aktivitas siswa, yakni 79,17%; penilaian aspek pengetahuan siswa sebesar 3,32 (B+), dan penilaian aspek keterampilan siswa sebesar 3,21 (B+). Jadi, modul yang telah dikembangkan dapat digunakan sebagai bahan ajar di dalam pembelajaran bahasa Indonesia, khususnya untuk materi menulis teks laporan hasil observasi.
Downloads
Downloads
Published
Versions
- 2022-03-10 (2)
- 2022-01-27 (1)