Pengaruh Pembelajaran Kelompok Kecil, Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa dalam Mata Kuliah Pendidikan IPS-1 Level HOTS
Keywords:
Kelompok Kecil, Motivasi Berprestasi, IPS, HOTSAbstract
Pencarian cara baru sebagai respon terhadap permasalahan pembelajaran pada masa pandemi covid-19 harus dilakukan. Penelitian ini secara khusus pada mahasiswa PGSD pada semester I tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini dimaksudkan mendorong mahasiswa tetap belajar secara konsisten, meskipun dengan menjalankan protokol kesehatan. Permasalahan utama penelitian ini adalah mencari pengaruh rancang sistem perkuliahan kelompok kecil dan motivasi berprestasi mahasiswa terhadap hasil belajar mata kuliah Pembelajaran IPS-1 level HOTS. Tujuan penelitian adalah berusaha mendorong kesiapan dan aktivitas belajar mahasiswa PGSD pada semester I lebih konstruktif dan lebih sesuai dengan tuntutan kurikulum KKNI, dengan mengutamakan level kemamuan berpikir aspek kognitif tingkat tinggi (HOTS). Metode penelitian ini adalah quasi eksperimen, dengan variabel bebas sistem belajar kelompok kecil, variabel moderator motivasi berprestasi, dan variabel terikat hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara pembelajaran kooperatif kelompok kecil dengan pembelajaran kelompok kontrol pada pembelajaran IPS-1. Mahasiswa dengan strategi pembelajaran kelompok kecil memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara mahasiswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dengan yang memiliki motivasi berprestasi rendah pada pembelajaran IPS-1. Tidak terdapat interaksi yang signifikan antara strategi pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)-1
Downloads
Downloads
Published
Versions
- 2022-03-10 (2)
- 2022-01-27 (1)