Kompetensi Profesional Guru dalam Pembelajaran Daring Pada Kelas V di SDN 1 Menteng Rahun Ajaran 2021
Keywords:
Kompetensi Guru, Pembelajaran DaringAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang kompetensi profesional guru dalam pembelajaran daring di kelas V di SDN 1 Menteng Tahun Ajaran 2021. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni 2021 di SDN 1 Menteng pada guru kelas V, yang kelas V di SDN 1 Menteng terdapat tiga akelas yaitu VA, VB, dan VC. Namun, peneliti hanya memilih fokus penelitiannya ke satu kelas saja, yaitu kelas VC. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitiannya adalah studi kasus. Data penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi bersama guru kelas VC dan Kepala SDN 1 Menteng. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru kelas VC SDN 1 Menteng telah menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung dalam pembelajaran daring yang diampu, menguasai standar Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu dalam pembelajaran daring, mengembangkan keprofesian secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif dalam pembelajaran daring, memanfaatkan teknologi informasi dan mengembangka diri dalam pembelajaran daring. Namun, guru kelas VC SDN 1 Menteng masih kurang dalam mengembangkan pembelajaran secara kreatif. Hal ini dikarenakan kerterbatasan interaksi antara siswa dan guru, karena aplikasi yang digunakan sebagai media pembelajaran daring adalah aplikasi Whats App saja yang didukung dengan plathform Youtube dan Google sebagai sumber refrensi bahan ajar selain Buku Guru dan Buku Siswa. Pemilihan aplikasi Whats App sebagai media utaman dalam pelaksanaan pembelajaran daring adalah tindakan yang diambil guru kelas VC SDN 1 Menteng untuk menyesuaikan kondisi dan situasi siswa, selain itu pemilihan aplikasi Whats App juga dipilih karena pengoperasiannya yang terbilang cukup mudah dan hemat biaya kuota internet.
Downloads
Downloads
Published
Versions
- 2022-03-10 (2)
- 2022-01-27 (1)