Pengembangan Media Komik Berbasis Pendidikan Karakter pada Muatan IPS Subtema 2 (Kebersamaan dalam Keberagaman) Kelas IV SDN 1 Denggen Tahun Pelajaran 2020/ 2021

Authors

  • Selfia Irianti Universitas Hamzanwadi
  • Burhanuddin Universitas Hamzanwadi
  • Dina Apriana Universitas Hamzanwadi

Keywords:

IPS, Komik Pendidikan, Karakter

Abstract

Pembelajaran IPS berfungsi untuk membina karakter siswa terutama membekali mereka dalam menjalani kehidupan sosial di masyarakat sehingga peserta didik menjadi pribadi yang baik dan berguna bagi bangsa dan Negara. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan produk komik pendidikan karakter sebagai penunjang proses pembelajaran. Penelitian ini menggunkan model pengembangan Borg & Gall dengan menyederhankan sepuluh langkah menjadi tujuh langkah yaitu analisis kebutuhan, perencanaan, Pengembangan produk awal, pengujian terbatas, revisi hasil uji produk, uji produk utama, dan revisi produk akhir. Uji coba dilakukan di kelas IV SDN 1 Denggen, sebanyak 28 peserta didik. Nilai-nilai karakter yang digunakan dalam komik tersebut adalah nilai religius, bersahabat, bergaya hidup sehat, cinta damai dan toleransi. Kevalitan produk yang dibuat dilihat dari hasil validasi dengan mengunakan lembar validasi ahli media, ahli materi dan respon peserta didik. Berdasarkan analisis data diperoleh dengan menggunakan skala lima, hasil penelitian menunjukkan bahwa komik pendidikan karakter yang dikembangkan oleh peneliti sangat valid, dengan hasil dari validasi ahli media memperoleh skor 48 pada rentang X > 42,06 dengan katagori sangat baik , sedangkan dari validasi ahli materi mendapat skor 46 pada rentang  X > 42,06  dengan katagori sangat baik, dan respon peserta didik mendapat skor 1284 dengan hasil rata-rata 45, 87 pada rentang skor X > 42,06  dengan kategori sangat baik. Dengan demikian komik pendidikan karakter layak digunakan sebagai penunjang dalam proses pembelajaran di kelas IV SDN 1 Denggen.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-01-27 — Updated on 2022-03-10

Versions

How to Cite

Irianti, S., Burhanuddin, & Apriana, D. (2022). Pengembangan Media Komik Berbasis Pendidikan Karakter pada Muatan IPS Subtema 2 (Kebersamaan dalam Keberagaman) Kelas IV SDN 1 Denggen Tahun Pelajaran 2020/ 2021. Sangkalemo : The Elementary School Teacher Education Journal, 1(1), 71–81. Retrieved from https://e-journal.upr.ac.id/index.php/SANGKALEMO/article/view/4071 (Original work published January 27, 2022)