Metode Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas V Di SDN 6 Langkai Palangka Raya

Penulis

  • Sapriline Universitas Palangka Raya
  • Femmy Femmy
  • Novy Nurliyani

Kata Kunci:

Metode pembelajaran, Talking stick, Keaktifan belajar

Abstrak

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa kelas V dengan penerapan metode pembelajaran talking stick. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research yang terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN 6 Langkai Palangka Raya yang terdiri dari 25 siswa. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus, masing-masing siklus dilaksanakan 3 kali pertemuan dengan teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi keaktifan siswa dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran talking stick dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa, hal ini dibuktikan pada kegiatan pra siklus secara keseluruhan hasil pengamatan mendapat skor rata-rata sebesar 50,9, pada siklus I pertemuan 1 meningkat menjadi 59,1, pada pertemuan 2 meningkat menjadi 65, pada pertemuan 3 meningkat menjadi 72,7. Selanjutnya siklus II pertemuan 1 keaktifan siswa mencapai 79,8, pertemuan 2 mencapai 84,7 dan pada pertemuan 3 meningkat menjadi 92,6 dengan kategori sangat baik. Sehingga diperoleh peningkatan dari kegiatan pra siklus sebesar 50,9 hingga kegiatan siklus I sebesar 72,7 terdapat peningkatan sebesar 21,8 poin. Adapun dari kegiatan siklus I sebesar 72,7 hingga kegiatan siklus II sebesar 92,6 terdapat peningkatan sebesar 19,9 poin. Di samping itu keberhasilan penerapan metode pembelajaran talking stick dipengaruhi oleh kemahiran guru dalam memandu siswa selama pembelajaran, sehingga pembelajaran dengan menggunakan metode talking stick terasa menyenangkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran talking stick terbukti dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas V SDN 6 Langkai Palangka Raya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.
Lihat: 88 | ##article.downloads##: 185

Diterbitkan

2022-07-29

Cara Mengutip

Sapriline, Femmy, F., & Nurliyani, N. (2022). Metode Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas V Di SDN 6 Langkai Palangka Raya . Sangkalemo : The Elementary School Teacher Education Journal, 1(2). Diambil dari https://e-journal.upr.ac.id/index.php/SANGKALEMO/article/view/5094

Terbitan

Bagian

Articles