Hubungan Penggunaan Aplikasi Google Classroom Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SDN-4 Palangka Tahun ajaran 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.37304/sangkalemo.v3i1.5232Kata Kunci:
Motivasi belajar, Google classroomAbstrak
ABSTRAK
Bagi siswa Sekolah Dasar, pembelajaran daring dapat menyebabkan motivasi belajar peserta didik menurun jika kegiatan pembelajarnnya tidak menarik bagi siswa. Salah satu aplikasi yang digunakan dalam pembelajaran daring saat ini adalah google classroom. Aplikasi google classroom tersedia berbagai fitur yang dapat digunakan untuk aktivitas pembelajaran oleh guru dan siswa dan lebih mudah untuk digunakan. Penelitian ini kuantitatif yang terdiri dari satu variabel bebas dan satu variabel terikat. Sampel penelitian adalah siswa kelas V SDN-4 Palangka dengan jumlah sampel sebanyak 54 orang siswa. Data dari variabel penggunaan aplikasi google classroom dan data motivasi belajar dikumpulkan menggunakan angket. Selanjutnya data yang sudah diperoleh, ditabulasikan dan kemudian dianalisis menggunakan rumus korelasi produk moment untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan variabel penelitian, kemudian dinalisis dengan uji-t untuk mengetahui signifikan atau tidaknya hubungan tersebut. Ujicoba dan hasilnya dianalisis menggunakan bantuan program SPSS 25. Berdasarkan analisa data hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan aplikasi google classroom dengan motivasi belajar pada siswa kelas V di SDN-4 Palangka, hal ini dibuktikan berdasarkan hasil perhitungan korelasi produk moment diketahui nilai r-hitung = 0,509 > r-tabel sebesar 0,263 pada taraf kesalahan 5 % dan besarnya N = 54 serta hasil hitung menggunakan uji t, diketahui bahwa t-hitung sebesar 4,26 lebih besar dari nilai t-tabel = 2,00 yang berarti terdapat hubungan yang signifikan antara pendampingan orangtua dalam belajar (X) dengan minat belajar (Y).