Hubungan Persepsi Siswa Tentang Cara Guru Mengajar Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN-4 Menteng Tahun Ajaran 2022/2023

Authors

  • Lisay Evitri. R Evitri Universitas Palangka Raya

Abstract

Kata kunci: persepsi, cara guru mengajar, hasil belajar

 

Salah satu faktor yang menentukan keberhasilan dalam proses pembelajaran ialah pendidik, pendidik harus memahami cara mengajar serta dapat menggunakanya. Cara mengajar guru merupakan aktivitas yang dilakukan dalam kegiatan pembelajaran di kelas menyangkut karakteristik, sikap, pembawaan dan metode mengajar yang digunakan. Penelitian ini bertujuan menganalisis dan mendeskripsikan hubungan persepsi siswa tentang cara guru mengajar dengan hasil belajar matematika.

Penelitian ini terdiri dari variable bebas dan variable terikat, sampel penelitian adalah siswa kelas VA dan VB SDN-4 Menteng Palangka Raya sebanyak 58 orang siswa. Data variable persepsi siswa tentang cara guru mengajar dikumpulkan menggunakan angket, data hasil belajar matematika siswa diperoleh dari dokumen nilai siswa. Data dianalisis menggunakan rumus korelasi produk moment untuk mengetahui hubungan variable penelitian, kemudian dianalisis dengan uji-t untuk mengetahui signifikan atau tidaknya hubungan tersebut. Angket sebelum digunakan terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitasnya.

Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada korelasi signifikan antara persepsi siswa tentang cara mengajar guru dengan hasil belajar matematika. Ini berarti bahwa semakin baik persepsi siswa tentang cara guru mengajar, akan diikuti semakin tinggi pula hasil belajar matematika. Adanya hubungan yang signifikan tersebut dibuktikan dengan hasil perhitungan koefisien korelasi ditemukan bahwa r-hitung lebih besar dari r-tabel (0,466 > 0,254) serta dari hasil hitung uji-t ditemukan bahwa t-hitung lebih besar dari t-tabel (3,77 > 2,00).

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-06-26

How to Cite

Evitri, L. E. R. (2024). Hubungan Persepsi Siswa Tentang Cara Guru Mengajar Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN-4 Menteng Tahun Ajaran 2022/2023. Sangkalemo : The Elementary School Teacher Education Journal, 3(1), 47–56. Retrieved from https://e-journal.upr.ac.id/index.php/SANGKALEMO/article/view/8796

Issue

Section

Articles