Author Guidelines
Judul Artikel, Lebih Kurang 15 Kata, Memberikan Gambaran tentang Penelitian yang Telah Dilakukan, Arial 20, Spasi 1
Nama Penulis1, Nama Penulis2, Nama Penulis3, dst (tanpa gelar, Arial 11)
1Afiliasi – email
2Afiliasi – email
3Afiliasi – email
dst.
Abstrak— Abstrak ditulis dalam Bahasa Indonesia dan/atau Bahasa Inggris menggunakan huruf Arial 10, spasi 1 dan dengan panjang teks maksimal 200 kata. Abstrak versi Bahasa Indonesia ditulis menggunakan Bahasa Indonesia baku dengan ejaan yang disempurnakan. Penulisan singkatan dan rumus matematika di dalam abstrak perlu dihindari. Abstrak memaparkan secara ringkas tentang latar belakang masalah, tujuan, metode, hasil dan kesimpulan. Penulisan kalimat lengkap minimal mengandung unsur subyek dan predikat. Dalam penulisan kalimat pasif, unsur subyek dan predikat harus jelas, tidak rancu dengan unsur keterangan (obyek).
Kata Kunci — terdiri dari 3 – 5 kata / frasa
—————————— ♦ ——————————
1. Pendahuluan
Pendahuluan memuat tentang latar belakang, landasan teori, masalah, rencana pemecahan masalah dan tujuan penelitian. Pendahuluan ditulis menggunakan huruf Arial, ukuran 11 dan spasi 1 dan fist line 0,5 cm.
Teks diketik dengan Ukuran paper A4, lebar 21 cm dan tinggi 29,7 cm. Margin: Top 2 cm, Bottom 2 cm Left 2 dan Right 2 cm. Layout: header dan footer mengikuti yang ada di template ini. Teks tidak perlu diberi nomor halaman.
Isi artikel diketik dalam format satu kolom.
Tabel dibuat menyesuaikan template, dengan Nomor tabel (Arial 11, bold) dan judul tabel dibawahnya. Contohnya seperti:
Tabel 1. Contoh format tabel
No |
Uraian |
Keterangan |
1 |
Uraian 1 |
Keterangan |
2 |
Uraian 2 |
Keterangan |
Sumber (opsional)
Gambar, ilustrasi, figur, grafik, dan sejenisnya dituliskan nomornya di bawahnya diikuti dengan judul. Contohnya seperti:
Gambar 1. Jembatan Kahayan di Palangka Raya
Sumber : (opsional)
2. Metodologi Penelitian
Berisi bagaimana data dikumpulkan, sumber data dan cara analisis data, disertai alur penelitian yang dilakukan.
Jika tulisan adalah bukan hasil penelitian, silahkan ganti judul diatas sesuai dengan kebutuhannya. Misalnya: Tinjauan Puskata, Kajian Pustaka, atau sub judul lain yang sesuai. Begitupun dengan Hasil dan Pembahasan, dapat disesuaikan dengan tulisan yang dibuat.
3. Hasil dan Pembahasan
Hasil merupakan bagian utama artikel ilmiah, berisi : hasil bersih tanpa proses analisis data, hasil pengujian hipotesis. Hasil dapat disajikan dengan table atau grafik, untuk memperjelas hasil secara verbal
Pembahasan merupakan bagian terpenting dari keseluruhan isi artikel ilmiah. Tujuan pembahasan adalah: Menjawab masalah penelitian, menafsirkan temuan-temuan, mengintegrasikan temuan dari penelitian ke dalam kumpulan pengetahuan yang telah ada dan menyusun teori baru atau memodifikasi teori yang sudah ada.
4. Kesimpulan
Berisi kesimpulan dari tulisan yang dibuat. Simpulan akan memuat jawaban atas pertanyaan penelitian. Ditulis dalam bentuk essay, dan sebisa mungkin bukan dalam bentuk numerikal.
Dapat pula ditambahkan saran-saran yang berisikan ajakan dan/atau anjuran untuk menerapkan hasil dari penelitian yang dilakukan. Atau ajakan dan/atau anjuran untuk melanjutkan penelitian berdasarkan gap yang timbul akibat tulisan yang dibuat.
5. Daftar Pustaka
Daftar pustaka terdiri dari minimal 15 sumber dari 10 tahun terakhir dengan mengutamakan jurnal internasional dan nasional. Tidak disarankan merujuk dari blogspot atau website pribadi yang tidak jelas penulis dan sumbernya. Format daftar pustaka mengikuti sistem APA (American Psychology Assosiation) dengan menggunakan aplikasi sitasi seperti Mendeley. Penulisan diurut berdasarkan abjad.
Artikel jurnal:
Nama penulis dituliskan semua/nama akhir didahuluan dan nama depan disingkat. (Tahun). Judul Artikel. Nama Jurnal, Volume(Nomor), Halaman
Swandi, A., & Rahmadhanningsih, S. (2020). Pengembangan Laboratorium Virtual untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Ilmiah Ecosystem, 2(1), 42-49.
Buku:
Tanujaya, B. (2013). Penelitian Percobaan. Bandung: Remaja Rodaskarya.
Prosiding:
Allo, A. T., Jatmiko, B., & Agustini, R. (2015). Penerapan Model Guided Discovery Learning Menggunakan Alat Sederhana untuk Mereduksi Miskonsepsi Siswa SMA pada Materi Fluida Statis. Seminar Nasional Pendidikan Sains (pp. 90-101). Surabaya: Prodi Pendidikan. Retrieved Agustus 1, 2015
Internet:
Honeycutt, L. (1998). Communication and Design Course. Retrieved Februari 1, 2018, from Education Review: http://dcr.rpi.edu/commdesign/class1.html
Aturan:
Depdikbud. (2013). Permendikbud Nomor 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
.