POTENSI KREDIT KARBON DAN SRATEGI PENGEMBANGAN PERDAGANGAN KARBON DI INDONESIA (STUDI KASUS PADA HKm BATU BULAN, KABUPATEN GUNUNG MAS, PROVINSI KALIMANTAN TENGAH)

Authors

  • Eldy Indra Purnawan Program Pascasarjana Magister Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan, UPR
  • Hendrik Segah Jurusan Kehutanan Fakultas Pertanian, Universitas Palangka Raya
  • Reinhart Jemi Jurusan Kehutanan Fakultas Pertanian, Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.36873/aev.v18i1.14766

Keywords:

Perdagangan Karbon, Kredit Karbon, Transaksi Kredit Karbon dan Strategi Pengembangan Perdagangan, Perhutanan Sosial

Abstract

Pengembangan kerjasama sukarela antarnegara dalam penurunan emisi CO2 dapat dilakukan dengan mekanisme pasar dan nonpasar, negara maju menyediakan sumber pendanaan untuk membantu negara berkembang dalam pelaksanaan mitigasi agar dapat melanjutkan komitmen penurunan emisi CO2 (United Nations, 2015). Kerjasama ini dapat dilakukan dengan pengembangan Perdagangan Karbon. Penelitian ini bertujuan utnuk menganalisis besar potensi Kredit Karbon, Nilai Transaksi Kredit Karbon dan Strategi Pengembangan Perdagangan Karbon pada kawasan Perhutanan Sosial di Hutan Kemasyarakatan Batu Bulan (HKm Batu Bulan). Besar potensi Kredit Karbon dan Nilai Transaksi Kredit Karbon dianalisis menggunakan Standard Forest Enhancement Plan Vivo, sedangkan Strategi Pengembangan Perdagangan Karbon dianalisis menggunakan SWOT. Hasil penelitian menunjukan potensi Kredit Karbon yaitu sebesar 74.696,04 ton CO2e pertahun, potensi nilai transaksi Kredit Karbon yaitu sebesar $ 597.568 pertahun dan strategi dalam pengembangan Perdagangan Karbon yaitu menggunakan strategi progresif dengan memanfaatkan ke seluruh potensi kekuatan untuk mengakses peluang yang teridentifikasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-27

How to Cite

Indra Purnawan, E. ., Segah, H. ., & Jemi, R. . (2024). POTENSI KREDIT KARBON DAN SRATEGI PENGEMBANGAN PERDAGANGAN KARBON DI INDONESIA (STUDI KASUS PADA HKm BATU BULAN, KABUPATEN GUNUNG MAS, PROVINSI KALIMANTAN TENGAH). Agrienvi: Jurnal Ilmu Pertanian, 18(1), 10–19. https://doi.org/10.36873/aev.v18i1.14766