PELUANG USAHA TANI, NILAI TAMBAH, DAN PEMASARAN NANAS DI KECAMATAN BASARANG KABUPATEN KAPUAS

Authors

  • Evi Faridawaty Program Studi Teknologi Industri Pertanian, Jurusan Budidaya Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Palangka Raya
  • Odi Andanu Program Studi Teknologi Industri Pertanian, Jurusan Budidaya Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Palangka Raya
  • Rakha Satya Idsan Program Studi Teknologi Industri Pertanian, Jurusan Budidaya Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Palangka Raya
  • Suparno Suparno Program Studi Teknologi Industri Pertanian, Jurusan Budidaya Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Palangka Raya
  • Herry Palangka Jaya Program Studi Teknologi Industri Pertanian, Jurusan Budidaya Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.36873/aev.v18i2.16531

Keywords:

Nanas, Usaha Tani, Pemasaran, Nilai Tambah

Abstract

Nanas (comusus) merupakan salah satu menjadi komoditas andalan ekspor Indonesia. Petani di Kecamatan Basarang sampai saat ini masih melakukan usaha tani nanas, namun sampai saat ini masih kurang berkembang dan mengalami fluktuasi turun naik setiap tahun . Penelitian ini bertujuan mengetahui gambaran peluang usaha tani nanas berdasarkan keadaan umum usaha tani, penyelenggaraan usaha tani, nilai tambah, pemasaran dan keberlanjutan dari sudut dimensi ekonomi, sosial, kelembagaan, lingkungan dan teknologi. Penelitian dilakukan pada bulan Juli – September 2024 menggunakan metode survei (observasi dan purposive sampling). Data sekunder diperoleh dari Dinas Pertanian Kapuas mengenai luas area tanam, luas panen nanas dan produksi nanas dari tahun 2018 - 2022. Pengukuran peluang usaha tani dilakukan dengan melakukan wawancara dengan responden petani nanas di Kecamatan Basarang. Perkembangan produksi Nanas di Kecamatan Basarang mengalami fluktuasi naik turun sejak tahun 2018 sampai dengan tahun 2022. Upaya yang dilakukan oleh petani nanas terhadap nilai tambah hanya sebatas pada dibersihkan dan sortasi saja sebesar 54,84 % dan  3,23 % yang melakukan pengolahan nanas menjadi produk.Peluang cukup keberlanjutan pada atribut dimensi ekonomi,dan dimensi sosial. Atribut dimensi  kelembagaan menunjukkan nilai kurang keberlanjutan. Atribut dimensi teknologi dan  dimensi lingkungan usaha tani nanas memiliki nilai keberlanjutan yang baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Faridawaty, E., Andanu, O. ., Idsan, R. S. ., Suparno, S., & Jaya, H. P. . (2024). PELUANG USAHA TANI, NILAI TAMBAH, DAN PEMASARAN NANAS DI KECAMATAN BASARANG KABUPATEN KAPUAS. Agrienvi: Jurnal Ilmu Pertanian, 18(2), 81–89. https://doi.org/10.36873/aev.v18i2.16531

Most read articles by the same author(s)