Penerapan Model Problem-Based Learning Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik Materi Tekanan Zat di Kelas VIII SMP

Authors

  • Rosmaida Simatupang University of Palangka Raya
  • Muhammad Nawir Universitas Palangka Raya
  • Gunarjo Suryanto Budi

DOI:

https://doi.org/10.37304/bpjps.v6i1.10807

Keywords:

Problem Based Learning, Hasil Belajar, Respon Siswa

Abstract

Pembelajaran yang konvensional membuat siswa pasif saat di kelas dan berdampak pada hasil belajar mereka. Untuk mengatasi hal tersebut, problem-based learning berbantuan lembar kerja peserta didik (LKPD) diterapkan di kelas untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Problem Based Learning adalah model pembelajaran yang menggunakan pendekatan pembelajaran pada suatu masalah autentik, sehingga siswa dapat merangkai pengetahuannya sendiri dan mengembangkan keterampilan yang lebih tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar kognitif dan respon siswa setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan LKPD pada materi tekanan zat. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-experimental dengan menggunakan desain one shot case study. Penelitian dilaksanakan di kelas VIII dengan siswa berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes hasil belajar kognitif dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif pada materi tekanan zat, yang terdiri dari 27 siswa yang mengikuti tes diperoleh bahwa pada ketuntasan individu terdapat 22 siswa tuntas dan 5 siswa tidak tuntas. Secara klasikal, pembelajaran tuntas karena ketuntasan klasikal diperoleh sebesar 81,48% dari standar yang ditetapkan sekolah yaitu sebesar ≥ 75%. TPK yang digunakan dalam penelitian berjumlah 25 TPK diperoleh 21 TPK tuntas (84%) dan 4 TPK tidak tuntas (16%). Analisis angket respon siswa pada pembelajaran menunjukan bahwa respon positif dengan nilai rata-rata sebesar 79,62%. Hasil-hasil tersebut menunjukkan bahwa model PBL berbantuan LKPD berdampak positif pada hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

11-08-2024

How to Cite

Simatupang, R., Nawir, M. ., & Budi, G. S. (2024). Penerapan Model Problem-Based Learning Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik Materi Tekanan Zat di Kelas VIII SMP. Bahana Pendidikan: Jurnal Pendidikan Sains, 6(1), 20–28. https://doi.org/10.37304/bpjps.v6i1.10807