Hubungan Persepsi Siswa tentang Lingkungan Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA SMP

Authors

  • Zulfa Nur Maulidah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Nur Efendi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Septi Budi Sartika Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.37304/bpjps.v4i2.5573

Keywords:

lingkungan belajar, kemauan belajar

Abstract

Tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui hubungan lingkungan belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA. Metode penelitian yang digunakan adalah non eksperimen dengan jenis penelitian kuantitatif korelasional. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Sampel penelitian menggunakan teknik jenuh, dengan menggunakan sampel siswa kelas IX MTs Nurul Islam Ngadimulyo berjumlah 31 siswa. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif persepsi siswa tentang lingkungan belajar dengan berkategori tinggi (52%), motivasi belajar dengan kategori tinggi (70%) dan hasil belajar dengan nilai (80%) kategoti tuntas. Pada analisis statistik inferensial menghasilkan hasil regresi berganda sebesar 0,006 < 0,05 dibandingkan dengan nilai Fhitung sebesar 14,698 > Ftabel 3,23. Berdasarkan hasil penelitian, ada hubungan persepsi siswa tentang lingkungan belajar terhadap hasil belajar, ada hubungan antara motivasi belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Zulfa Nur Maulidah, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Prodi Pendidikan IPA, Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Nur Efendi, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Prodi Pendidikan IPA, Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Downloads

Published

30-12-2022

How to Cite

Maulidah, Z. N., Efendi, N., & Sartika, S. B. (2022). Hubungan Persepsi Siswa tentang Lingkungan Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA SMP. Bahana Pendidikan: Jurnal Pendidikan Sains, 4(2), 43–48. https://doi.org/10.37304/bpjps.v4i2.5573