Hubungan Persepsi Siswa tentang Lingkungan Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA SMP
DOI:
https://doi.org/10.37304/bpjps.v4i2.5573Keywords:
lingkungan belajar, kemauan belajarAbstract
Tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui hubungan lingkungan belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA. Metode penelitian yang digunakan adalah non eksperimen dengan jenis penelitian kuantitatif korelasional. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Sampel penelitian menggunakan teknik jenuh, dengan menggunakan sampel siswa kelas IX MTs Nurul Islam Ngadimulyo berjumlah 31 siswa. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif persepsi siswa tentang lingkungan belajar dengan berkategori tinggi (52%), motivasi belajar dengan kategori tinggi (70%) dan hasil belajar dengan nilai (80%) kategoti tuntas. Pada analisis statistik inferensial menghasilkan hasil regresi berganda sebesar 0,006 < 0,05 dibandingkan dengan nilai Fhitung sebesar 14,698 > Ftabel 3,23. Berdasarkan hasil penelitian, ada hubungan persepsi siswa tentang lingkungan belajar terhadap hasil belajar, ada hubungan antara motivasi belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Zulfa Nur Maulidah, Nur Efendi, Septi Budi Sartika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.