Identifikasi Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Fisika dalam Memahami Materi

Authors

  • Enny Wijayanti

Keywords:

identifikasi, kesulitan belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui tingkat pencapaian kompetensi hasil UAS Mata Kuliah Penilaian Hasil Belajar Fisika, (2) mengetahui persentase kesulitan mahasiswa dalam memahami materi, (3) mengetahui kualitas instrumen tes UAS Pengembangan Hasil Belajar Fisika(4) mengetahui confident level mahasiswa dalam menyelesaikan UAS. Jenis penelitian merupakan pre-experimental, dengan desain model one shot case study. Model one shot study.merupakan model quasi experiment tanpa adanya kelompok pembanding, dan juga tanpa tes awal. Sampel penelitian adalah mahasiswa yang sedang memprogramkan mata kuliah Penilaian Hasil Belajar Fisika tahun ajaran 2017-2018 dan mengikuti ujian UAS sebanyak 46 mahasiswa.Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian adalah: (1) tingkat penguasaan kompetensi mahasiswa sebesar 69,56%, (2) persentase kesulitan yang tertinggi adalah dalam menentukan ranking sebesar 94,4%, mengestimasi besarnya reliabilitas Apha (r11) sebesar 78,3%, mengestimasi besarnya z-score sebesar 39,6%, menyimpulkan hasil 28,3%,  mengestimasi besarnya standar deviasi (SD) sebesar 21,7%, kesulitan yang terkecil pada mengestimasi daya pembeda 19,6%, dan tingkat kesulitan sebesar 8,69%. (3) kualitas instrumen tes kategori cukup baik, nilai reliabilitas sebesar 0,69, (4) confident level jawaban benar mununjukkan 18 mahasiswa under estimate, dan 5 mahasiswa over confident.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

30-06-2019

How to Cite

Wijayanti, E. (2019). Identifikasi Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Fisika dalam Memahami Materi. Bahana Pendidikan: Jurnal Pendidikan Sains, 1(1), 7–15. Retrieved from https://e-journal.upr.ac.id/index.php/bpjps/article/view/bpjpsv1i1a2

Most read articles by the same author(s)