Identifikasi Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Bentuk Tes Uraian Objektif pada Materi Gerak Lurus di Kelas VII SMP Muhammadiyah

Authors

  • Citra Ariyanti
  • Enny Wijayanti Universitas Palangka Raya
  • Suhartono Suhartono Universitas Palangka Raya

Keywords:

hasil belajar, gerak lurus, tes uraian objektif

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui ketuntasan hasil belajar kognitif siswa dalam menyelesaikan bentuk tes uraian objektif pada materi gerak lurus, (2) mengetahui persentase kesulitan siswa pada tiap komponen kesulitan dalam menyelesaikan bentuk tes uraian objektif pada materi gerak lurus. Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimen menggunakan rancangan one-shot case study. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-5 SMP Muhammadiyah Palangka Raya dengan jumlah siswa 24 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar bentuk uraian objektif. Validitas isi diukur menggunakan content validity coefficient dari Aiken, dilakukan oleh dua orang validator. Hasil uji coba menunjukkan bahwa keseluruhan butir soal dapat digunakan sebagai instrumen penelitian. Nilai reliabilitas instrumen pada penelitian ini sebesar 0,92, artinya instrumen yang digunakan pada penelitian ini reliabel sebanyak 10 soal bentuk uraian objektif. Ketuntasan hasil belajar siswa dari 20 siswa yang mengikuti tes diperoleh 12 siswa tuntas dan 8 siswa tidak tuntas atau diperoleh 60% siswa yang tuntas. Hasil persentase kesulitan siswa dalam menyelesaikan bentuk tes uraian objektif aspek C2 untuk kesulitan menjelaskan konsep sebesar 19,96% dengan kriteria kesulitannya sangat rendah. Persentase kesulitan siswa pada aspek C3 untuk kesulitan konversi satuan sebesar 37,50% dengan kriteria kesulitan rendah, menuliskan rumus sebesar 42,34% dengan kriteria kesulitan sedang, operasi hitung sebesar 47,75% merupakan persentase kesulitan yang terbesar dengan kriteria kesulitan sedang dan jawaban akhir sebesar 36,42% dengan kriteria kesulitan rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2019-06-30

How to Cite

Ariyanti, C., Wijayanti, E., & Suhartono, S. (2019). Identifikasi Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Bentuk Tes Uraian Objektif pada Materi Gerak Lurus di Kelas VII SMP Muhammadiyah. Bahana Pendidikan : Jurnal Pendidikan Sains, 1(1), 1-6. Retrieved from https://e-journal.upr.ac.id/index.php/bpjps/article/view/bpjpsv1i1

Most read articles by the same author(s)