Pengembangan Instrumen Kompetensi Psikomotor pada Pembelajaran Fisika

Authors

  • Enny Wijayanti Universitas Palangka Raya

Keywords:

instrumen pengukuran, keterampilan psikomotor

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan instrumen kompetensi psikomotor pada pembelajaran fisika. Pengembangan instrumen kompetensi psikomotor perlu dilakukan sesuai dengan teori dan tidak dapat dipisahkan dengan proses pembelajaran fisika. Instrumen kompetensi psikomotor yang sudah ada perlu direvisi disesuaikan dengan teori kompetensi psikomotor diadopsi dari Trowbridge & Bybee. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah:  1) menghasilkan produk instrumen keterampilan psikomotor pada pembelajaran fisika, 2) mengetahui konstruk instrumen keterampilan psikomotor yang dikembangkan. Penelitian pengembangan ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Prosedur pengembangan meliputi dua tahap: pengembangan dan validasi, mengacu pada model spiral dari Cennamo dan Kalk. Tahap pengembangan mencakup kegiatan preliminary study, define, desain dan demonstrate. Tahap ini dihasilkan prototipe 1 preskripsi instrumen, yang divalidasi melalui focus group discussion dan teknik Delphi. Content Validity expert judgment di uji melalui analisis validity coefficient dari Aikens’V. Tahap validasi mencakup develop dan deliver, uji kelompok kecil, review ahli, analisis dan revisi. Instrumen kompetensi psikomotor divalidasi oleh dosen Pendidikan Fisika Universitas Palangka Raya. Nilai reliabilitas instrumen kompetensi psikomotor 0,814. Data produk akhir dianalisis dengan statistik deskriptif. Uji validasi menggunakan desain quasi-experiment. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika sebanyak 40 orang mahasiswa. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut. (1) Instrumen kompetensi psikomotor dapat digunakan dalam pembelajaran fisika, (2) Konstruk instrumen kompetensi psikomotor setelah uji coba mengalami perubahan, karena komponen creating tidak tercapai. Komponen yang tercapai yaitu moving, manipulating, dan communicating.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

29-06-2020

How to Cite

Wijayanti, E. (2020). Pengembangan Instrumen Kompetensi Psikomotor pada Pembelajaran Fisika. Bahana Pendidikan: Jurnal Pendidikan Sains, 2(1), 6–10. Retrieved from https://e-journal.upr.ac.id/index.php/bpjps/article/view/bpjpsv2i1a2

Most read articles by the same author(s)