Implementasi Metode Eksperimen pada Materi Pokok Suhu dan Kalor di Kelas VII MTsN 2 Palangka Raya

Authors

  • Ernawati Universitas Palangka Raya
  • Enny Wijayanti Universitas Palangka Raya
  • Abustan Universitas Palangka Raya

Keywords:

metode eksperimen, keterampilan psikomotor, suhu dan kalor

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) keterampilan psikomotor siswa tiap pertemuan dan (2) ketuntasan hasil belajar siswa setelah diterapkan metode eksperimen pada materi suhu dan kalor. Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimen menggunakan rancangan One-Shot Case Study. Penelitian dilaksanakan di kelas VII-D MTsN 2 Palangka Raya dengan siswa berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi psikomotor dan tes hasil belajar kognitif. Hasil analisis data  menunjukkan bahwa metode eksperimen membawa dampak positif terhadap keterampilan psikomotor siswa. Namun demikian, penerapan metode eksperimen masih belum mampu mencapai ketuntasan hasil belajar yang maksimal pada materi suhu dan kalor.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

30-12-2020

How to Cite

Ernawati, Wijayanti, E., & Abustan. (2020). Implementasi Metode Eksperimen pada Materi Pokok Suhu dan Kalor di Kelas VII MTsN 2 Palangka Raya. Bahana Pendidikan: Jurnal Pendidikan Sains, 2(2), 55–58. Retrieved from https://e-journal.upr.ac.id/index.php/bpjps/article/view/bpjpsv2i2a5

Most read articles by the same author(s)