Implementasi Metode Eksperimen pada Materi Pokok Suhu dan Kalor di Kelas VII MTsN 2 Palangka Raya
Keywords:
metode eksperimen, keterampilan psikomotor, suhu dan kalorAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) keterampilan psikomotor siswa tiap pertemuan dan (2) ketuntasan hasil belajar siswa setelah diterapkan metode eksperimen pada materi suhu dan kalor. Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimen menggunakan rancangan One-Shot Case Study. Penelitian dilaksanakan di kelas VII-D MTsN 2 Palangka Raya dengan siswa berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi psikomotor dan tes hasil belajar kognitif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa metode eksperimen membawa dampak positif terhadap keterampilan psikomotor siswa. Namun demikian, penerapan metode eksperimen masih belum mampu mencapai ketuntasan hasil belajar yang maksimal pada materi suhu dan kalor.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Ernawati, Enny Wijayanti, Abustan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.