Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning pada Materi Pesawat Sederhana di Kelas VIII SMP
Keywords:
model discovery learning, keterampilan psikomotor, hasil belajar kognitifAbstract
Model discovery learning adalah suatu model untuk mengembangkan cara belajar siswa aktif dengan menemukan sendiri, menyelidiki sendiri, sehingga hasil yang diperoleh dalam ingatan tidak akan mudah dilupakan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) keterampilan psikomotor siswa pada penerapan model pembelajaran discovery learning pada materi pesawat sederhana, dan (2) ketuntasan hasil belajar kognitif siswa setelah pembelajaran dengan model pembelajaran discovery learning pada materi pesawat sederhana. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Experimental menggunakan desain one-shot case study. Populasi penelitian adalah seluruh kelas VIII semester I di salah satu SMP di Palangka Raya tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 9 kelas. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak satu kelas dengan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-4 dengan jumlah 30 siswa. Hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) hasil rata-rata keterampilan psikomotor tiap komponen P1 sebesar 93,33%, komponen P2 sebesar 92,64%, dan komponen P3 sebesar 80,33%. Aspek tertinggi berada dalam komponen P1 dan aspek terendah berada dalam komponen P3 (2) ketuntasan hasil belajar kognitif siswa secara individu dari 30 siswa diperoleh 23 siswa tuntas dan 7 siswa tidak tuntas. Ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal tuntas, karena diperoleh 76,67% siswa yang tuntas dan mencapai standar ketuntasan klasikal yang ditetapkan yaitu ? 75%. TPK yang tuntas sebanyak 27 dari 35 TPK dengan persentase TPK yang tuntas 77,14%.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Ni Nyoman Ernawati, Enny Wijayanti, Pendi Sinulingga
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.