Skip to main navigation menu Skip to main content Skip to site footer

Articles

Vol. 2 No. 2 (2020): Bahana Pendidikan: Jurnal Pendidikan Sains

Penerapan Model Pembelajaran Langsung pada Materi Pengukuran di Kelas VII Semester I SMP Muhammadiyah Palangka Raya

Submitted
21 May 2021
Published
30-12-2020

Abstract

Tujuan penelitian ini mengetahui ketrampilan siswa melakukan pengukuran dan hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimen menggunakan Desain One Shot Case Study. Penelitian dilaksanakan di kelas VII-B SMP Muhammadiyah Palangka Raya Tahun Ajaran 207/2018 dengan siswa berjumlah 25 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian adalah lembar pengamatan Ketrampilan Siswa Melakukan Pengukuran dan Tes Hasil Belajar (THB) kognitif. Hasil analisis data menunjukkan hasil keterampilan siswa melakukan pengukuran dari 24 siswa yang mengikuti 15 siswa tuntas dan 9 siswa tidak tuntas. Hasil belajar ranah kognitif setelah pembelajaran dengan model pembelajaran langsung pada materi pengukuran dari 24 siswa yang mengikuti diperoleh 17 siswa tuntas dan 7 siswa tidak tuntas. Secara klasikal pembelajaran tidak tuntas karena hanya diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 70.83 % dari standar yang ditetapkan sekolah yaitu sebesar  75 %. TPK yang digunakan dalam penelitian berjumlah 26 TPK diperoleh 18 (69,23%) TPK tuntas dan 8 (30,77%) TPK tidak tuntas.

Downloads

Download data is not yet available.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>