Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada Materi Pesawat Sederhana
DOI:
https://doi.org/10.37304/bpjps.v3i2.3914Keywords:
model kooperatif STAD, pesawat sederhana, hasil belajarAbstract
Penelitian ini telah dilakukan di SMP Negeri 3 Palangka Raya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Pengelolaan pembelajaran, (2) Respon Siswa, (3) Hasil belajar siswa di kelas VIII semester I SMP Negeri 3 Palangka Raya tahun ajaran 2019/2020 setelah proses belajar mengajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi pesawat sederhana. Penelitian ini merupakan penelitian pra-experimental menggunakan desain one-shot case study. Populasi penelitian adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 3 Palangka Raya terdiri dari 11 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-2 dengan jumlah siswa 32 orang. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran memperoleh skor sebesar 47,17 dalam kategori sangat baik. Respon siswa terhadap pembelajaran berdasarkan angket yang telah diberikan kepada 29 orang siswa, diperoleh 25 orang siswa (86,2%) merasa senang belajar menggunakan model kooperatif tipe STAD. Ketuntasan hasil belajar kognitif dari 29 orang siswa yang mengikuti tes, diperoleh 21 siswa tuntas dan 8 siswa tidak tuntas. Secara klasikal pembelajaran tidak tuntas karena hanya diperoleh 72,41 % siswa tuntas. Ketuntasan TPK dari 35 TPK yang digunakan, diperoleh 26 (74,29%) TPK yang tuntas, dan 9 (25,71%) TPK tidak tuntas.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Rahmadi Jaya, Andi Bustan, Suhartono Suhartono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.