Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada Materi Pesawat Sederhana

Authors

  • Rahmadi Jaya Universitas Palangka Raya
  • Andi Bustan Universitas Palangka Raya
  • Suhartono Suhartono Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.37304/bpjps.v3i2.3914

Keywords:

model kooperatif STAD, pesawat sederhana, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini telah dilakukan di SMP Negeri 3 Palangka Raya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Pengelolaan pembelajaran, (2) Respon Siswa, (3) Hasil belajar siswa di kelas VIII semester I SMP Negeri 3 Palangka Raya tahun ajaran 2019/2020 setelah proses belajar mengajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi pesawat sederhana. Penelitian ini merupakan penelitian pra-experimental menggunakan desain one-shot case study. Populasi  penelitian  adalah  seluruh kelas VIII SMP Negeri 3 Palangka Raya terdiri dari 11 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-2 dengan jumlah siswa 32 orang. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran memperoleh skor sebesar 47,17 dalam kategori sangat baik. Respon siswa terhadap pembelajaran berdasarkan angket yang telah diberikan kepada 29 orang siswa, diperoleh 25 orang siswa (86,2%) merasa senang belajar menggunakan model kooperatif tipe STAD. Ketuntasan hasil belajar kognitif dari 29 orang siswa yang mengikuti tes, diperoleh 21 siswa tuntas dan 8 siswa tidak tuntas. Secara klasikal pembelajaran tidak tuntas karena hanya diperoleh 72,41 % siswa tuntas. Ketuntasan TPK dari 35 TPK yang digunakan, diperoleh 26 (74,29%) TPK yang tuntas, dan 9 (25,71%) TPK tidak tuntas.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

31-12-2021

How to Cite

Jaya, R., Bustan, A., & Suhartono, S. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada Materi Pesawat Sederhana. Bahana Pendidikan: Jurnal Pendidikan Sains, 3(2), 12–19. https://doi.org/10.37304/bpjps.v3i2.3914

Most read articles by the same author(s)