Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Berbantuan KIT pada Materi Elastisitas

Authors

  • Muhammad Ibnu Kurniawan Universitas Palangka Raya

Keywords:

model pembelajaran kooperatif, keterampilan psikomotor, hasil belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) keterampilan psikomotor siswa dan (2) peningkatan hasil belajar setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif dengan menggunakan KIT pada materi elastisitas. Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimen menggunakan desain one group pretest-posttest design. Sampel penelitian adalah kelas XI IPA 2 dengan jumlah 44 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan keterampilan psikomotor siswa dan soal pretest-posttest. Berdasarkan hasil analisis data penelitian yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa keterampilan psikomotor siswa selama pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif dengan menggunakan KIT pada materi elastisitas diperoleh, (a) pada pertemuan 1 diperoleh 3 kelompok yang mendapatkan kategori sangat baik, 3 kelompok mendapatkan kategori baik dan 1 kelompok mendapatkan kategori cukup, (b) pada pertemuan 2 diperoleh keterampilan psikomotor yaitu semua kelompok mendapatkan kategori baik, (c) pada pertemuan 3 diperoleh keterampilan psikomotor yaitu 6 kelompok mendapatkan kategori sangat baik dan 1 kelompok mendapatkan kategori baik. Peningkatan hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif dengan menggunakan KIT pada materi elastisitas memperoleh skor N-Gain sebesar 0,52 dengan kategori sedang.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

29-12-2019

How to Cite

Kurniawan, M. I. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Berbantuan KIT pada Materi Elastisitas . Bahana Pendidikan: Jurnal Pendidikan Sains, 1(2), 55–60. Retrieved from https://e-journal.upr.ac.id/index.php/bpjps/article/view/bpjpsv1i2a5