Skip to main navigation menu Skip to main content Skip to site footer

Articles

Vol. 1 No. 2 (2019): Bahana Pendidikan: Jurnal Pendidikan Sains

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Berbantuan KIT pada Materi Elastisitas

Submitted
17 May 2021
Published
29-12-2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) keterampilan psikomotor siswa dan (2) peningkatan hasil belajar setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif dengan menggunakan KIT pada materi elastisitas. Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimen menggunakan desain one group pretest-posttest design. Sampel penelitian adalah kelas XI IPA 2 dengan jumlah 44 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan keterampilan psikomotor siswa dan soal pretest-posttest. Berdasarkan hasil analisis data penelitian yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa keterampilan psikomotor siswa selama pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif dengan menggunakan KIT pada materi elastisitas diperoleh, (a) pada pertemuan 1 diperoleh 3 kelompok yang mendapatkan kategori sangat baik, 3 kelompok mendapatkan kategori baik dan 1 kelompok mendapatkan kategori cukup, (b) pada pertemuan 2 diperoleh keterampilan psikomotor yaitu semua kelompok mendapatkan kategori baik, (c) pada pertemuan 3 diperoleh keterampilan psikomotor yaitu 6 kelompok mendapatkan kategori sangat baik dan 1 kelompok mendapatkan kategori baik. Peningkatan hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif dengan menggunakan KIT pada materi elastisitas memperoleh skor N-Gain sebesar 0,52 dengan kategori sedang.

Downloads

Download data is not yet available.