Perbedaan Hasil Belajar IPA Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Group Investigation dengan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Thinks Pair Share
DOI:
https://doi.org/10.37304/bpjps.v3i2.3912Keywords:
group investigation, think pair share, hasil belajarAbstract
Tujuan penelitian mendeskripsikan ada tidaknya perbedaan hasil belajar IPA menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair And Share SMP Negeri 1 Tuhemberua Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Tuhemberua Populasi penelitian yaitu siswa kelas VII yang sebanyak 3 rombongan belajar. Sampel penelitian yaitu kelas VII-A sebagai kelas Eksperimen I sebanyak 31 orang, dan kelas VII-B sebagai kelas Eksperimen II sebanyak 26 orang. Pada kelas Eksperimen I diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dan pada kelas Eksperimen II diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair And Share dengan materi pembelajaran tentang Pencemaran Lingkungan. Instrumen berupa tes hasil belajar yang berbentuk tes uraian dengan jumlah soal 5 butir yang terdiri atas tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest) yang disusun berdasarkan kisi-kisi tes. Hasil penelitian : 1) Rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation di SMP Negeri 1 Tuhemberua Tahun Pelajaran 2020/2021 adalah 81,35 tergolong kriteria baik. 2) Rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran tipe Think Pair And Share di SMP Negeri 1 Tuhemberua Tahun Pelajaran 2020/2021 adalah 76,23 tergolong kriteria baik. 3) Berdasarkan uji hipotesis hasil belajar kesimpulan ada perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dan model pembelajaran koperatif tipe Think Pair And Share siswa SMP Negeri 1 Tuhemberua Tahun Pelajaran 2020/2021.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Agnes Renostini Harefa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.