Pengembangan Modul IPA Menggunakan Metode Mind Mapping pada Materi Sistem Pernapasan Manusia di Kelas VIII SMP
Keywords:
Model pengembangan 4D, modul IPA, mind mappingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan modul IPA menggunakan metode mind mapping pada materi sistem pernapasan manusia kelas VIII SMP, 2) Mengetahui validitas modul IPA, 3) Mengetahui praktikalitas modul IPA, 4) Mengetahui efektifitas modul IPA. Jenis penelitian dalam pengembangan ini mengadopsi model pengembangan 4-D (Define, Design, Development, Dissemination), tetapi penelitian ini hanya dibatasi pada tahap define, design, dan develop. Instrumen yang digunakan yaitu angket validasi, angket respon peserta didik dan tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian: 1) Validitas isi/materi modul mencapai 92%, validitas bahasa mencapai 100%, validitas desain mencapai 100%, hasil validasi isi/materi oleh guru bidang studi 100% keempatnya dengan kriteria sangat valid, 2) Tingkat praktikalitas modul IPA yang dikembangkan dinyatakan sangat praktis oleh peserta didik dengan persentase 98%, 3) Modul IPA yang dikembangkan berada pada kriteria sangat efektif dengan persentase ketuntasan belajar peserta didik sebesar 87%.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Agnes Renostini Harefa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.