Pengembangan Modul IPA Menggunakan Metode Mind Mapping pada Materi Sistem Pernapasan Manusia di Kelas VIII SMP

Authors

  • Agnes Renostini Harefa Universitas Palangka Raya

Keywords:

Model pengembangan 4D, modul IPA, mind mapping

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan modul IPA menggunakan metode mind mapping pada materi sistem pernapasan manusia kelas VIII SMP, 2) Mengetahui validitas modul IPA, 3) Mengetahui praktikalitas modul IPA, 4) Mengetahui efektifitas modul IPA. Jenis penelitian dalam pengembangan ini mengadopsi model pengembangan 4-D (Define, Design, Development, Dissemination), tetapi penelitian ini hanya dibatasi pada tahap define, design, dan develop. Instrumen yang digunakan yaitu angket validasi, angket respon peserta didik dan tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian: 1) Validitas isi/materi modul mencapai 92%, validitas bahasa mencapai 100%, validitas desain mencapai 100%, hasil validasi isi/materi oleh guru bidang studi 100% keempatnya dengan kriteria sangat valid, 2) Tingkat praktikalitas modul IPA yang dikembangkan dinyatakan sangat praktis oleh peserta didik dengan persentase 98%, 3) Modul IPA yang dikembangkan berada pada kriteria sangat efektif dengan persentase ketuntasan belajar peserta didik sebesar 87%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

30-12-2020

How to Cite

Harefa, A. R. (2020). Pengembangan Modul IPA Menggunakan Metode Mind Mapping pada Materi Sistem Pernapasan Manusia di Kelas VIII SMP. Bahana Pendidikan: Jurnal Pendidikan Sains, 2(2), 31–36. Retrieved from https://e-journal.upr.ac.id/index.php/bpjps/article/view/bpjpsv2i2a1